Begini Cara Mengetahui WA Disadap serta Mencegahnya

Begini Cara Mengetahui WA Disadap serta Mencegahnya

Foto Ilustrasi.-feritekno.com-

Cek satu per satu apakah semua aktivitas memang benar dilakukan oleh Anda atau ada perangkat lain yang tidak dikenal. Jika ada yang aneh maka Anda tinggal klik aktivitas tersebut dan pilih logout. Maka akun Whatsapp web Anda akan tertutup di perangkat tersebut untuk menghentikan penyadapan. 

3. Mengecek Pesan yang Belum Terbaca  

Pada cara mengetahui WA disadap jarak jauh yang selanjutnya ini Anda bisa melakukan pengetesan dengan mencoba mengirimkan pesan ke teman. Pastikan bahwa Anda sedang bersama dengan kerabat yang hendak dikirimkan pesan supaya mereka tidak membuka pesan langsung. 

Apabila pesan tersebut tiba-tiba terbaca padahal penerima tidak membukanya maka bisa jadi akun WA Anda sedang disadap. Supaya cara ini bisa berhasil Anda harus mengaktifkan keterbacaan pesan, sehingga akan muncul centang biru dua saat pesan sudah terbaca. 

BACA JUGA:Spesifikasi Redmi Note 12 dan Harga Terbaru Mei 2023

4. Memeriksa Ulang Daftar Kontak WA  

Cara mengetahui WA disadap paling mudah adalah dengan mengecek daftar nama kontak yang ada. Banyak sekali peretas yang akan mengubah nama kontak atau menambahkan kontak baru yang tidak Anda kenal. Oleh karena itu penting untuk mengecek kontak ini. 

Masuklah ke aplikasi Whatsapp, kemudian klik menu kontak yang ada di pojok kanan bawah. Cek satu per satu apakah ada nama atau foto yang tidak dikenal dalam akun WA Anda. Jika iya, sebaiknya segera hapus nomor tersebut dan mencoba untuk mereset ulang aplikasi WA agar aman. 

5. Mengecek Pengaturan Akun  

Penting juga untuk mengecek bagian pengaturan akun WA untuk tahu apakah sedang terjadi penyadapan. Anda mungkin tidak ingat pengaturan apa saja yang sudah dilakukan, namun ada pengaturan dasar seperti foto, privasi sampai dengan status yang mudah dicek. 

Cek apakah Anda melakukan perubahan status 24 jam terakhir atau bahkan ada perubahan foto profil. Peretas seringkali mengubah pengaturan ini pada ponsel yang berhasil disadap, jadi Anda perlu mengeceknya. Cara mengetahui WA disadap ini bisa Anda lakukan kapan saja ketika mencurigai adanya peretasan. 

BACA JUGA:Warga Cilegon Ini Pergi Haji Dengan Gowes Sepeda

6. Memperhatikan Penggunaan Baterai Ponsel  

Penyadapan yang terjadi pada akun WA juga akan menghabiskan baterai ponsel. Hal ini dikarenakan aplikasi WA Anda terus aktif sehingga baterai hp pun akan segera habis. Anda bisa mencoba memperhatikan penggunaan baterai ini selama 12 jam terakhir. 

Hindari untuk menggunakan hp dalam kurun waktu tersebut untuk bermain game atau membuka aplikasi yang menghabiskan banyak daya. Jika ponsel sedang tidak digunakan dan baterai cepat habis maka bisa menjadi tanda akun WA sedang disadap. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: