Begini Cara Mengetahui WA Disadap serta Mencegahnya

Begini Cara Mengetahui WA Disadap serta Mencegahnya

Foto Ilustrasi.-feritekno.com-

7. Mengecek Notifikasi Satu per Satu 

Cara mengetahui WA disadap yang terakhir bisa dilakukan dengan melihat notifikasi yang muncul. Misalnya saja notifikasi pesan balasan dari kerabat padahal Anda tidak merasa untuk chat. Bisa juga notifikasi percakapan dengan nomor yang tidak dikenal dan isi obrolan tidak menyambung. 

Notifikasi aneh ini akibat dari aktivitas penyadapan yang dilakukan. Lebih berbahaya lagi jika isi percakapannya berupa permintaan pinjaman uang atau bahkan tindakan kriminal. Jika muncul hal seperti ini segera screenshot layar dan Anda bisa melaporkannya ke pihak berwajib. 

BACA JUGA:Daftar Film Indonesia yang Tayang Juni 2023, Ada Horor Sampai Komedi

Ikuti ketujuh cara ini untuk segera mengetahui jika penyadapan sedang terjadi. Sayangnya sampai saat ini tidak ada cara mengetahui siapa yang menyadap WA kita. Jadi yang bisa Anda lakukan hanyalah mengecek dan menghentikan penyadapan sesegera mungkin. 

Anda bisa menginstal ulang aplikasi, menghentikan semua aktivitas di Whatsapp web dan coba login akun WA. Namun pastikan juga pada saat login ini Anda tidak memberitahukan kode OTP ke pihak lain.

3 Cara Mencegah Whatsapp Disadap  

Banyak orang yang tidak sadar bahwa akun WA sedang disadap dan akhirnya mengalami kerugian. Penyadapan juga sering terjadi akibat keteledoran para penggunanya, oleh karena itu Anda sebaiknya mulai berhati-hati dari sekarang. 

Setidaknya selain mengikuti cara mengetahui WA disadap di atas, ada juga cara mencegahnya yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

1. Menginstal Aplikasi Anti Malware  

Anda bisa menginstal aplikasi anti malware yang terpercaya dan asli, mengingat peretas mungkin mengakses akun WA melalui link yang tidak sengaja terbuka. Aplikasi anti malware ini bisa sangat membantu Anda untuk mencegah penyadapan. 

Cara menggunakannya tinggal instal aplikasi anti malware kemudian mengaktifkannya. Bahkan bukan hanya akun WA yang aman tetapi juga seluruh data di ponsel

BACA JUGA:APSAT 2023: Dongkrak Teknologi dan Kerjasama Satelit Tanah Air

2. Keluar dari Whatsapp Web setelah Selesai  

Anda mungkin login di Whatsapp web melalui laptop atau perangkat milik orang lain. Sebaiknya setelah menggunakan pastikan untuk keluar dari Whatsapp web sehingga akun tidak digunakan oleh orang lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: