7.092 Jemaah Haji Diberangkatkan dari Madinah ke Mekkah

7.092 Jemaah Haji Diberangkatkan dari Madinah ke Mekkah

Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat Akhmad Fauzin-Istimewa-

JAKARTA, DISWAY. ID - Sebanyak 7.092 jemaah haji telah diberangkatkan dari Madinah menuju Makkah. 

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat Akhmad Fauzin dalam keterangan persnya di Media Center Haji (MCH) Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Dia pun menambahkan, setelah melaksanakan ibadah Arbain, jemaah pun diarahkan dari Madinah ke Makkah secara bertahap untuk umrah. 

BACA JUGA:Hanya Ditunda, Syaiful Mujab Tegaskan Tidak Ada Jemaah Haji yang Keberangkatan Dibatalkan

“Hari ini, sebanyak 7.092 jemaah diberangkatkan dari Madinah ke Mekkah untuk menjalani ibadah umrah,” ujar Akhmad Fauzin, Jumat, 2 Juni 2023.

Akhamd Fauzin pun menambahkan, ada tiga hal yang sudah dipersiapkan panitia untuk memfasilitasi aktivitas ibadah jemaah haji Indonesia selama di Makkah. 

BACA JUGA:3 Persiapan PPIH Sambut Jemaah Haji Indonesia di Makkah Al Mukarramah

Pertama, menyiapkan 108 hotel. Hotel ini tersebar pada lima wilayah di Makkah, yaitu: Jarwal, Misfalah, Raudhah, Syisyah, dan Mahbas Jin. Kedua, menyiapkan layanan konsumsi. 

"Di Makkah, jemaah akan mendapat tiga kali makan sehari, berupa sarapan, makan siang, dan makan malam,” kata Fauzin. 

Ketiga, tambah Fauzin, untuk mempermudah giat ibadah jemaah selama di Makkah, PPIH Arab Saudi juga telah menyiapkan angkutan bus Shalawat.

BACA JUGA:Harga Sewa Skuter dan Kursi Roda Untuk Tawaf dan Sai Jemaah Haji 2023

Nantinya, angkutan bus Shalawat ini akan mengantar jemaah dari hotel ke Masjidil Haram, pergi pulang selama 24 jam.

Perlu diketahui, berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga tanggal 02 Juni 2023, pukul 24.00 WIB, jemaah dan petugas yang sudah tiba di Kota Madinah berjumlah 53.627 orang atau 139 kelompok terbang. 

Kepada Jemaah khususnya Jemaah lanjut usia, Fauzin mengimbau untuk menjaga kesehatan, mengurangi aktivitas di luar hotel dan masjid, dan istirahat yang cukup. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: