900 Penumpang Jadi Korban Tabrakan 3 Kereta Api di India, 280 Tewas

900 Penumpang Jadi Korban Tabrakan 3 Kereta Api di India, 280 Tewas

3 kereta api tabrakan di India, 900 penumpang jadi korban, 280 di antaranya tewas, Jumat 2 Juni 2023. -AP via Al Jazeera-

INDIA, DISWAY.ID - Kecelakaan maut tabrakan 3 kereta api terjadi di Odisha, INDIA pada Jumat 2 Juni 2023. 

Ratusan orang dilaporkan meninggal dalam kecelakaan tersebut. Jumlah korban dilaporkan terus bertambah mencapai 900 penumpang, 280 di antaranya telah dikonfirmasi tewas.

Tim penyelamat tidak menemukan korban selamat di dalam reruntuhan dua kereta penumpang yang tergelincir, terbalik, dan hancur itu. Puluhan mayat, ditutupi kain putih, tergeletak di tanah dekat rel saat penduduk setempat dan penyelamat berlari membantu para penyintas. 

BACA JUGA:Kecelakaan Kereta Mematikan di India Renggut Lebih dari 50 Nyawa!

"Pada jam 10 malam (Jumat) kami sempat menyelamatkan beberapa para penyintas. Setelah itu, kami mengangkat jenazah,” kata pejabat pemadam kebakaran dan departemen darurat negara bagian Odisha, Sudhanshu Sarangi kepada The Associated Press.

"Ini sangat tragis. Saya belum pernah melihat yang seperti ini dalam karier saya,” imbuhnya. Setidaknya 280 mayat ditemukan sejak Jumat malam hingga Sabtu pagi.

BACA JUGA:Helikopter BEL 412 TNI AD Kecelakaan di Perkebunan Teh Ciwidey: 'Seluruh Kru Selamat'

Juru bicara Kementerian Perkeretaapian India Amitabh Sharma menjelaskan kronologi sementara kejadian.

Amitabh Sharma menjelaskan, 10 hingga 12 gerbong kereta awalnya tergelincir, puing-puing gerbong hancur dan jatuh ke jalur terdekat. 

Puing-puing itu kemudian ditabrak oleh kereta penumpang lain yang datang dari arah berlawan menyebabkan 3 gerbong kereta kedua pun ikut tergelincir. Lalu datang kereta ketiga, kereta barang yang akhirnya terlibat dalam tabrakan. 

BACA JUGA:Kecelakaan di Tol Wiyoto Wiyono, Truk Terbakar

Namun, soal kereta ketiga ini belum ada konfirmasi dari pejabat setempat. Hanya beberapa media lokal meyakini kecelakaan ini melibatkan tiga kereta, yakni dua kereta penumpang dan satu kereta barang. Press Trust of India melaporkan beberapa gerbong dari kereta penumpang yang tergelincir menabrak kereta barang.

Operasi penyelamatan tak bisa berjalan lancar lantaran dua gerbong kereta terjepit. Para pejabat mengatakan 1.200 penyelamat bekerja dengan 115 ambulans, 50 bus, dan 45 unit kesehatan bergerak sepanjang malam. Sabtu hari ini, dinyatakan sebagai hari berkabung di Odisha. Pada Agustus 1995, dua kereta bertabrakan di dekat New Delhi, menewaskan 358 orang dalam salah satu kecelakaan kereta terburuk di India.

Kecelakaan maut serupa juga pernah terjadi pada 2016, sebuah kereta penumpang meluncur dari rel antara kota Indore dan Patna, menewaskan 146 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com