Awas Jangan Salah Pilih, Kenali Jenis dan Fungsi Ban Untuk Sepeda Motor

Awas Jangan Salah Pilih, Kenali Jenis dan Fungsi Ban Untuk Sepeda Motor

Awas Jangan Salah Pilih, Kenali Jenis dan Fungsi Ban Untuk Sepeda Motor-WMS-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pemilihan ban yang tepat tentunya sangat berpengaruh bagi pengendara sepeda motor dalam melakukan perjalanan.

“Jangan Asal gagah tapi tidak nyaman dan mengganggu handling saat berkendara, salah pilih ban bisa fatal,” tegas Head of Safety Riding Promotion, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) Agus Sani. Pernyataan ini dibuat agar pemilihan ‘si bundar' lebih tepat dan aman dalam keterangannya, Kamis 15 Juni 2023.

BACA JUGA:Mau Tahu Cara Dapat DANA Kaget Secara Cuma-cuma? Simak Informasinya di Sini

Mengesampingkan beragam faktor seperti gengsi, fungsi dan keamanan dengan lebih mementingkan gaya berdampak besar pada faktor keselamatan, Agus juga menjelaskan pentingnya sikap bijak pengendara saat berpikir untuk mengganti ban sepeda motor kesayangannya.

Secara umum dijelaskan oleh oleh Agus ada sekitar delapan jenis dan tipe ban dengan fungsi yang berbeda. 

Banyaknya pilihan yang dibuat pabrikan ban ini tentunya disediakan untuk pengguna kendaraan khususnya roda dua untuk fungsinya masing masing.

BACA JUGA:'Mimpi Apa Gua!' Respons Aldi Taher, Lagu Ciptaannya Buat Lionel Messi Dipakai Akun Resmi FIFA

Berikut tipe dan fungsi ban yang dikenal masyarakat.

1. Ban Sport (Semi Slick).

Sesuai dengan jenis ban yang biasa terlihat pada fisik ban, penggunaan kata sport menandakan ban ini diperuntukan untuk sport. 

Karena penggunaan bahan yang khusus, usia pakai ban ini tidaklah sama dengan ban umum yang dipakai pengendara harian sekitar 1.600 km saja. 

BACA JUGA:Saksi: Usai Aniaya David, Mario Dandy Cs Dibawa ke Kantor Polisi Pakai Jeep Rubicon

Ban tipe ini memiliki daya grip yang baik yang sesuai dengan karakter untuk balapan. Daya cengkeram ban maksimal dengan suhu panas trek yang dapat hasilkan daya menempel ban dan jalan yang dilalui pada trek balapan lebih baik.

Sepeda motor penggunaan harian layaknya tidak cocok dengan tipe ban satu ini selain mahal dan berusia pendek, kondisi bergam jalanan yang dilalui juga dipastikan ban tidak bekerja dengan maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: