Indonesia Siap Luncurkan Satelit SATRIA-1, Ini Jadwalnya!

Indonesia Siap Luncurkan Satelit SATRIA-1, Ini Jadwalnya!

Ilustrasi Satelit SATRIA-1-Twitter/@Yahoo_ID-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Persiapan teknis Satelit Republik Indonesia (SATRIA)-1 dipastikan sudah mencapai 95 persen dan tidak ada kendala.

Dua hari menjelang dilakukan peluncurannya dari Cape Canaveral Space Force Station, Orlando, Florida Amerika Serikat pada Minggu 18 Juni 2023 waktu setempat atau Senin 19 Juni 2023 WIB.

BACA JUGA:Wah! Erina Gudono Ngefans Sama Aldi Taher, Langsung Dibuatkan Lagu, Begini Liriknya

“Banyak sekali faktor-faktor yang perlu diperhatikan seperti cuaca. Untuk kendala saat ini belum ada, kita akan ikuti time line sesuai jadwal yang sudah disusun,” ujar Deputi Bidang Komunikasi, Informasi dan Aparatur, Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Arif Mustofa, dalam keterangannya, Kamis 15 Juni 2023.

Penyelesaian persiapan peluncuran SATRIA-1 sendiri dipantau langsung Tim Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Kementerian, Kemenko Polhukam, Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas, dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah serta PT Satria Nusantara Tiga agar tidak ada kendala dan berjalan lancar. 

BACA JUGA:12 Unit Pesawat Tempur Mirage 2000-5 Bekas Qatar yang Dibeli Kemhan, Bakal Ditaruh di Lanud Supadio, Pontianak

Menurut Deputi Arif Mustofa, pemerintah mengharapkan agar peluncuran SATRIA-1 berhasil dan bisa mendukung akselerasi tranformasi digital nasional. 

“Untuk pemenuhan atas kebutuhan masyarakat akan akses internet cepat. Seperti disampaikan oleh Menko Polhukam Mahfud MD selaku pelaksana Tugas (Plt) Menkominfo, kami mohon doa atas kesuksesan, kelancaran dari proses peluncuran SATRIA-1 sampai ke orbit,” jelas Arif.

Sementara itu, Deputi Koordinator Proyek PT Satelit Nusantara Tiga, Heru Dwikartono, menambahkan, peluncuran SATRIA-1 akan berlangsung pada 18 Juni 2023 pukul 18:00 waktu setempat sesuai dengan jadwal terakhir. 

BACA JUGA:4 Letak Posisi Tempat Tidur Terbaik buat di Kamar Minimalis

Per Rabu 14 Juni 2023, satelit itu sudah ditempatkan dalam kapsul dan kemudian dibawa ke tempat peluncuran (launchpad) dari fasilitas Space X.

“Sejauh ini dalam dalam perhitungan teknis (persiapan peluncuran) sudah sampai 95 persen,” tegas dia.

Heru Dwikartono mengungkapkan, salah satu faktor yang menjadi perhatian adalah faktor cuaca saat peluncuran.  

BACA JUGA:5 Rekomendasi Kost Eksklusif Cove di Jakarta Barat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: