Eks Ketua NII Jawa Barat Bongkar Tujuan Dibangunnya Ponpes Al Zaytun, Ternyata Diresmikan B.J Habibie!

Eks Ketua NII Jawa Barat Bongkar Tujuan Dibangunnya Ponpes Al Zaytun, Ternyata Diresmikan B.J Habibie!

Al Zaytun negara dalam negara, di mana Menko PMK mengungkapkan bahwa disana sudah ada struktur hierarki. -Radar Cirebon-DNN-Radar Cirebon-DNN

JAKARTA, DISWAY.ID - Mantan ketua Negara Islam Indonesia (NII) Jawa Barat, Entis Sutisna menyatakan, bahwa pembangunan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Indramayu, Jawa Barat diresmikan oleh Presiden RI Ke-3, B.J. Habibie.

Dikutip dari laman resmi Al Zaytun, al-zaytun.sch.id, gagasan pembangunan Ponpes Al Zaytun dimulai sejak 1 Juni 1993 oleh Yayasan Pesantren Indonesia (YPI), bertepatan dengan hari raya Idul Adha 1413 H.

Realisasi pembangunan dimulai pada 13 Agustus 1996 dan praktek pengajaran dilakukan tiga tahun setelah pembangunan, yakni pada 1 Juli 1999.

Pondok pesantren itu pun diresmikan pada 27 Agustus 1999 oleh presiden ketiga RI, BJ Habibie.

BACA JUGA:Bahaya! Ponpes Al Zaytun Disebut Berafiliasi Jaringan Teror NII KW 9, Densus 88 Bongkar Peran Panji Gumilang!

Menurut Entis Sutisna, tujuan pembangunan Ponpes Al Zaytun adalah untuk mendidik kader-kader muda.

"Al Zaytun dulu diinisiasi oleh anggota NII untuk membangun sarana pendidikan untuk pengkaderan generasi muda untuk masa depan," kata Entis Sutisna.

Menurut Entis, selama ia masih tergabung untuk mengurus Ponpes tersebut tidak mendapati adanya hal-hal yang janggal dari ajaran sang pemimpin Ponpes, Syekh Panji Gumilang

"Sampai 2006, gerakan di Al Zaytun itu masih normal, salat, adzan, pendidikan, termasuk statement-statement yang disampaikan oleh Syekh itu masih seperti normal," ungkapnya.

BACA JUGA:Mahad Al Zaytun Sesat ? Wamenag Angkat Bicara, Panji Gumilang Diminta Kooperatif Berdialog dengan Ormas Islam

"Ketika kami keluar itu tidak terpantau, saya lihat lagi di media sosial sudah berubah, entah sejak kapan perubahannya itu enggak ada yang tahu," sambungnya.

Negara Islam Indonesia

Kasubdit Kontra Radikal Densus 88 Anti Teror Polri, AKBP Budi Novijanto mengatakan dari penelitian dan pengakuan eks NII KW 9, ditemukan adanya hubungan Al Zaytun dengan Negara Islam Indonesia Komandemen Wilayah 9 (NII KW 9). 

Pernyataan Budi itu disampaikan saat mengisi seminar dengan topik Dibalik Polemik Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu yang diselenggarakan oleh BEM UNUSIA yang juga disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Padasuka TV pada Senin 19 Juni 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: