Joe Biden Sebut Xi Jinping Diktator, Hubungan Amerika dan China Makin Memanas

Joe Biden Sebut Xi Jinping Diktator, Hubungan Amerika dan China Makin Memanas

Joe Biden mengutuk keras serangan Kelompok Hamas ke Israel-Istimewa-Berbagai sumber

China Mao Ning selaku juru bicara kementerian luar negeri menyebut pernyataan itu sangat tidak masuk akal, tidak bertanggung jawab dan mengatakan Biden secara serius melanggar fakta, protokol diplomatik serta martabat politik China.

"Itu adalah provokasi politik terbuka," katanya.

BACA JUGA:Resep Membuat Bubur Ayam Sehat, Cocok Buat Sarapan Pagi Hari

BACA JUGA:Harga BBM Terbaru Turun 1.400 per Liter, Cek Daftar Harga Pertalite-Pertamax di Seluruh SPBU RI Hari Ini 22 Juni 2023

"Mulut besar Biden adalah meriam lepas," kata Wu Xinbo dari direktur Pusat Studi Amerika di Universitas Fudan di Shanghai. 

Dia mengatakan pernyataan itu akan memengaruhi rasa saling percaya, termasuk dalam komunikasi antara para pemimpin, tetapi tidak akan menghapus apa yang telah dicapai Blinken dalam kunjungannya ke China.

Yun Sun yang merupakan kepala program China di Washington's Stimson Center, mengatakan menurutnya pihak Amerika ingin membiarkan ini diam-diam berlalu.

"Sedangkan China tidak ingin membesar-besarkan ini, merusak prospek proses yang mengarah ke KTT bilateral Xi dengan Biden pada November mendatang," tambahnya.

BACA JUGA:Jadwal Sidang Johnny G Plate Ditetapkan Kejagung

BACA JUGA:Update BMKG: Prakiraan Cuaca se-Jabodetabek Hari Ini, Kamis 22 Juni 2023

Pihak Rusia juga ikut mengomentari pernyataan Biden tersebut, di mana Dmitry Peskov selaku juru bicara Rusia mengatakan bahwa komentar Biden bertentangan dengan upaya Blinken untuk meredakan ketegangan dengan Beijing.

"Namun, itu urusan mereka," kata Peskov. 

"Kami memiliki hubungan buruk kami sendiri dengan Amerika Serikat dan hubungan kami yang sangat baik dengan Republik Rakyat China,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: