6 Bandara Angkasa Pura II Layani Keberangkatan 91.358 Jemaah Haji

6 Bandara Angkasa Pura II Layani Keberangkatan 91.358 Jemaah Haji

Jemaah haji kloter KJT-01 diberangkatkan di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID--- Bandara-Bandara PT Angkasa Pura II melayani keberangkatan sebanyak 91.358 jemaah haji Indonesia ke tanah suci.

Jumlah sebanyak itu merupakan 44% dari total jemaah haji Indonesia yakni 205.980 orang yang diberangkatkan pada musim haji tahun 2023 ini. 

Adapun bandara-bandara PT Angkasa Pura II yang telah melayani keberangkatan jemaah haji ialah 6 bandara sebagai embarkasi haji yaitu Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Bandara Kertajati (Majalengka), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh), Bandara Minangkabau (Padang) dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang). 

BACA JUGA:3 Skema Penyelenggaraan Ibadah Haji Bagi Lansia di Armina

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan periode keberangkatan calon jemaah haji di bandara-bandara AP II dimulai pada 24 Mei 2023.

“Bandara AP II sukses melayani keberangkatan calon jemaah haji. Kami berterima kasih atas dukungan dari Kementerian BUMN, Kementerian Agama dan Kementerian Perhubungan, serta maskapai, ground handling, TNI, Polri dan seluruh stakeholder sehingga bandara AP II dapat dengan baik mengantar calon jemaah haji ke Tanah Suci.”

Disebutkannya, Bandara Soekarno-Hatta menjadi paling banyak melayani keberangkatan calon jemaah haji, yakni sebanyak 54.992 orang.

Muhammad Awaluddin mengatakan calon jemaah haji yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta dapat menggunakan fasilitas pre-clearance keimigrasian Arab Saudi yang dikenal dengan fast track Makkah Road. 

BACA JUGA:Pimpin Perang Geger Cilegon, Ki Arsyad Thawil dan Ki Wasyid Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, Didukung Wapres

Adapun total penerbangan haji di 6 bandara AP II mencapai 236 penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai Garuda Indonesia dan Saudia. 

“Jumlah penerbangan haji di 6 bandara AP II sebanyak 236 penerbangan itu juga sebesar 44% dari total penerbangan haji di Indonesia sebanyak 537 penerbangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: