Antisipasi Kemacetan di Libur Panjang, Ganjil-Genap Bakal Diterapkan di Jalur Puncak Mulai Besok

Antisipasi Kemacetan di Libur Panjang, Ganjil-Genap Bakal Diterapkan di Jalur Puncak Mulai Besok

Ilustrasi Jalur Puncak, Bogor-NTMC-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Satlantas Polres Bogor akan memberlakukan sistem ganjil-genap menuju kawasan Puncak mulai Selasa 27 Juni 2023 hingga 2 Juli 2023. 

Hal itu bertepatan dengan libur panjang cuti bersama Hari Raya Idul Adha 1444H.

BACA JUGA:Tanggapan Polri Atas Parkir Liar di Jakarta Fair

“Kalau memang sesuai dengan ditetapkan libur nasional maka kami juga akan menyesuaikan sesuai Permenhub Nomor 84 Tahun 2021 bahwa pada saat sebelum weekend, satu hari menjelang libur nasional dan cuti bersama itu ya kami laksanakan pemeriksaan ganjil-genap,” ujar KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto, Senin 26 Juni 2023.

Pelaksanaan ganjil-genap tetap situasional tergantung kondisi lalu lintas di lapangan. Apabila terjadi kepadatan, akan diterapkan rekayasa lalu lintas lain seperti oneway atau buka tutup.

BACA JUGA:Jelang Libur Idul Adha 2023, Rekayasa Lalin Puncak Bakal Diberlakukan, Catat Waktunya!

“Kita mulai besok di hari Selasa sore dan malam hari dan mulai hari Rabu pagi sore malam kita laksanakan dengan situasional arus lalu lintas. Apabila cukup padat nanti ada rekayasa seperti one way atau buka tutup sepenggal. Nanti kami sesuaikan melihat situasi arus masuk ataupun turun dari Puncak,” terangnya.

Sebanyak 150 personel akan dikerahkan terdiri dari Satlantas Polres Bogor, TNI, Satpol PP, Dishub dan lainnya. Para personel itu akan disebar di berbagai titik sepanjang Jalur Puncak.

BACA JUGA:Polres Jakarta Pusat Klaim Hanya 1 Kasus Pencurian Terjadi Selama Jakarta Fair 2023

“Kalau untuk antisipasi cuti libur panjang kami memang seperti saat long weekend yang lalu itu disiapkan di hari Rabu itu dengan Dishub, Satpol PP, TNI, dan BPBD kurang lebih 150 personel. Untuk lalu lintas itu 100 personel,” tambahnya.

Selain itu, pihaknya mengimbau pengendara yang akan melintas untuk memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan mematuhi aturan serta petugas di lapangan. Termasuk mewaspadai titik yang bencana karena kondisi cuaca tidak menentu di kawasan Puncak.

BACA JUGA:Ribuan Massa FPI Kumpul di Depan Gedung Kemenag, Demo Bubarkan Ponpes Al Zaytun

“Saat ini di kawasan Puncak itu cuacanya sudah cenderung setiap hari mendung dan bahkan hujan. Mohon untuk berhati-hati persiapkan kendaraan lampunya penerangan karena nanti akan adanya kabut. Kemudian memarkirkan kendaraan tidak di bahu jalan dan tidak dekat pohon nanti dikhawatirkan longsor atau pohon tumbang,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: