Alhamdulillah! Jatah Air Zamzam Jemaah Indonesia Ditambah Jadi 10 Liter, Menag: Jangan Dimasukan ke Koper!

Alhamdulillah! Jatah Air Zamzam Jemaah Indonesia Ditambah Jadi 10 Liter, Menag: Jangan Dimasukan ke Koper!

Jatah Air Zamzam Jemaah Indonesia Ditambah Jadi 10 Liter-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau mengimbau kepada seluruh jemaah agar mematuhi ketentuan barang bawaan yang akan dibawa dalam kopernya. 

Juru Bicara PPIH Pusat Akhmad Fauzin mengatakan, bahwa Garuda Indonesia dan Saudia Airlines hanya akan mengangkut barang bawaan jemaah haji berupa tas paspor, koper kabin, dan koper bagasi sesuai standar yang diberikan dan berlogo maskapai.

“Jemaah haji Indonesia berhak membawa koper kabin dengan berat maksimal 7 kg, koper bagasi dengan berat maksimal 32 kg, dan tas paspor," kata Fauzin dakam keterangannya.

BACA JUGA:Bertahap! Daftar Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air Mulai 4 Juli 2023

BACA JUGA:Tahun 2024, Kuota Haji Indonesia 221.000 Jemaah

Sesuai aturan penerbangan, barang-barang yang dilarang dibawa selama penerbangan, yaitu: barang yang mudah terbakar/ meledak, senjata api dan senjata tajam, gas, aerosol, dan cairan melebihi 100ml, uang lebih dari Rp100.000.000 atau SAR25.000, dan Air Zamzam.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menambahkan, jemaah haji Indonesia 1444 H/2023 M akan mendapatkan air Zamzam sebanyak 10 liter.

Hal ini disampaikan Menag saat melepas 369 jemaah kelompok terbang (kloter) 1 Embarkasi Batam (BTH 01). Jemaah ini merupakan kloter perdana yang akan kembali ke Tanah Air.

"Kalau sebelumnya jatah Zamzam hanya 5 liter, tahun ini kita putuskan menambahkan 5 liter Zamzam untuk jemaah haji dan petugas," kata Menag Yaqut.

BACA JUGA:Protes Menag Atas Permasalahan Muzdalifah dan Mina Diterima Menteri Haji serta Umrah Arab Saudi

"10 liter air Zamzam akan dibagikan di asrama haji debarkasi. Mudah-mudahan air Zamzam yang diberikan membawa berkah buat bapak ibu semuanya," sambungnya.

Yaqut mengungkapkan, kebijakan menambah 5 liter air Zamzam ini sebagai bentuk kecintaan atau tali asih kepada jemaah.

Menurutnya, membawa air Zamzam yang lebih banyak menjadi harapan seluruh jemaah haji Indonesia.

“Jemaah sudah ditambah air Zamzamnya menjadi 10 liter. Saya minta jemaah tidak memasukkan air Zamzam ke dalam koper karena itu dilarang dalam aturan penerbangan. Koper jemaah yang membawa air Zamzam akan dibongkar,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: