PKS Luruskan Pernyataan Buro Happold yang Sebut JIS Tak Sesuai Panduan, Singgung Fasilitas UMKM, Lho Kok?

PKS Luruskan Pernyataan Buro Happold yang Sebut JIS Tak Sesuai Panduan, Singgung Fasilitas UMKM, Lho Kok?

Ilustrasi Jakarta International Stadium (JIS)-Rizky Ari Gunawan/Disway.id-

JAKARTA, DISWAY.ID - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) selaku partai pendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024 membantu meluruskan pernyataan Buro Happold terkat Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

Dalam pernyataannya, Buro Happold menyebut bahwa pembangunan JIS melenceng dari panduan yang dibuat perusahaan asal Inggris tersebut.

Namun, PKS Menyanggah bahwa yang dimaksud Buro Happold adanya ketidaksesuaian panduan itu bukan lah terletak pada sisi infrastruktur bangunan dan area lapangan.

"Saya tanya Jakpro, yang dimaksud dengan tidak sesuai dengan desain awal itu bukan si gedungnya atau stadionnya," kata Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS, M Taufik Zulkifli, Senin 10 Juli 2023.

BACA JUGA:Skandal Tercium! Pemerintah Diminta Audit dan Cari Pendesain JIS!

"Tapi memang hal-hal yang melingkupi yang menjadi tanggung jawab dari Buro Happold," sambungnya.

Sebagai contohnya, menurut Taufik, ialah bagaimana menghadirkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang dimiliki atau atau dikelola oleh masyarakat sekitar JIS.

Hal itu yang kemudian disebut melenceng. Sebab, menurut Taufik, upaya menghadirkan UMKM masih dalam tahap persiapan oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku badan usaha milik daerah (BUMD) yang bertugas sebagai pengelola JIS.

"Jawaban dari Jakpro memang itu belum selesai. Karena ini sekarang masih ke intinya, yaitu dia (JIS) sebagai stadion. Tapi kemudian yang tentang bagaimana interaksi dengan masyarakat sekitar, itu memang akan dikerjakan," kata Taufik.

BACA JUGA:Mengenal Buro Happold, Perusahaan Konsultan dan Konstruksi yang 'Diseret' dalam Polemik JIS

Klarifikasi Buro Happold

Sebelumnya, Buro Happold menyatakan bahwa sejumlah aspek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) tidak sesuai panduan.

"Hasil tinjauan perusahaan mengidentifikasi beberapa aspek yang ternyata tidak sesuai dengan panduan konsep desain orisinal dari Buro Happold. Temuan ini telah disampaikan oleh Buro Happold dalam surat terpisah," beber Buro Happold dalam pernyataan klarifikasi yang diterima Kompas.com, Minggu 9 Juli 2023.

Dalam keterangan resmi tersebut juga diketahui bahwa Buro Happold mengaku tidak diminta untuk mendesain stadion JIS, sehingga tidak pernah pula merancangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: