Awas 3 Hal Ini Bisa Memperburuk Kondisi Jantung, Bisa Terjadi di Usia Muda

Awas 3 Hal Ini Bisa Memperburuk Kondisi Jantung, Bisa Terjadi di Usia Muda

Tips Menjaga Kesehatan Jantung untuk Lansia-Puwadon Sang-ngern-Pexels

JAKARTA, DISWAY.ID -  Penyakit jantung masih jadi salah satu yang mematikan. Bahkan saat ini, penyakit jantung bisa berpotensi menyerang anak muda.

Potensi tersebut terjadi karena ada beberapa faktor. Menurut informasi, Di Amerika Serikat terdapat sekitar 28 ribu kasus serangan jantung selama 1995-2014  

Sekitar 30 persen terjadi pada orang dengan umur bawah 54 tahun. Dilansir dari Times of India, berikut 3 hal yang dapat memperburuk kesehatan jantung:

1. Obesitas

Berat badan adalah faktor risiko yang berkontribusi besar terhadap penyakit jantung. Obesitas sebagian besar mengacu pada lingkar pinggang yang lebar dan obesitas perut.

2. Diabetes

Gula darah yang tinggi bisa merusak pembuluh darah dan memengaruhi fungsi normal dari otot-otot saraf yang membantu jantung berfungsi dengan baik.

3. Terlalu Banyak Duduk

Mereka yang bekerja di belakang meja biasanya minim aktivitas fisik. Beberapa penelitian dan pakar kesehatan memperingatkan orang-orang untuk lebih giat melakukan aktivitas fisik.

Para ahli kesehatan merekomendasikan setiap individu untuk melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik secara intens per pekan.

Penyebab Serangan Jantung

Dilansir dari alodokter, berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung, yaitu:

Penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner merupakan penyebab utama serangan jantung. Kondisi ini terjadi ketika satu atau lebih pembuluh yang memberi pasokan darah ke jantung (pembuluh darah koroner) tersumbat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: