Pesan Jokowi untuk Jaksa di Hari Bhakti Adhyaksa ke-63: Jangan Ada Lagi yang Permainkan Hukum!

Pesan Jokowi untuk Jaksa di Hari Bhakti Adhyaksa ke-63: Jangan Ada Lagi yang Permainkan Hukum!

Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Tangkapan Layar/YouTube-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti kepada para jaksa untuk tidak mempermainkan hukum.

Ia meminta kepada para aparat penegak hukum Kejaksaan untuk senantiasa menjaga kepercayaan publik. 

"Aparat yang bersih dan akuntabel itu wajib, perbaiki terus akuntabilitas aparat. Dan perbaiki terus pelayanan kepada masyarakat," kata Jokowi dalam amanatnya di Puncak Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-63 di Balai Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan Agung, Jakarta, Sabtu, 22 Juli 2023.

BACA JUGA:Tertinggi dalam 9 Tahun! Presiden Jokowi Senang Tingkat Kepercayaan Publik ke Kejaksaan Agung Meningkat 81,2 Persen

Lebih lanjut, Jokowi menyinggung Jaksa yang telah mencoreng institusi kejaksaan dengan menitip rekanan proyek hingga barang impor.

"Jangan ada lagi aparat kejaksaan, meskipun saya tahu ini oknum yang mempermainkan hukum, yang menitip rekanan proyek, yang menitip barang impor dan berbagai tindakan tidak terpuji lainnya. Meskipun sekali lagi saya tahu ini oknum," ujar Jokowi.

Jokowi mengingatkan, aparat yang bersih dan akuntabel, bukan hanya berlaku bagi kejaksaan. Namun, berlaku pula bagi Kepolisian RI, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), termasuk pengawas dan auditor baik di tingkat pusat maupun di daerah.

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga mengaku senang melihat tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan Agung (Kejagung) terus meningkat. 

"Saya senang trust terhadap Kejaksaan, kepercayaan publik terhadap Kejaksaan terus meningkat," kata Jokowi dalam sambutannya di Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 di Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kejaksaan RI, Jakarta Selatan, Sabtu, 21 Juli 2023.

BACA JUGA:Bandara Soekarno-Hatta Tersibuk Nomor 1 di ASEAN dan Ketiga se-Asia Pasifik Versi ACI

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan pada Juli 2023 tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan mencapai 81,2%.

Hal tersebut merupakan angka tertinggi pada 9 tahun terakhir. 

"Merujuk pada salah satu lembaga survei di Agustus 2022, tingkat kepercayaan publik terhadap kejaksaan sebesar 75,3% itu tahun 2022 bulan Agustus," ujar Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: