Ribuan Pendukung Transformasi Pendidikan Dari Lintas Sektor Berkumpul di Belajaraya 2023

Ribuan Pendukung Transformasi Pendidikan Dari Lintas Sektor Berkumpul di Belajaraya 2023

Ribuan pendukung transformasi pendidikan dari lintas sektor dan latar belakang berkumpul di Belajaraya 2023 dalam rangka 'ambil peran untuk pendidikan'.-Istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID - Ribuan pendukung transformasi pendidikan dari lintas sektor dan latar belakang berkumpul di Belajaraya 2023 dalam rangka 'ambil peran untuk pendidikan'.

Adapun Belajaraya 2023 sendiri merupakan sebuah acara perjumpaan nasional tahunan yang digagas oleh jaringan pendidikan Semua Murid Semua Guru (SMSG), di Pos Bloc Jakarta Pusat, Sabtu, 29 Juli 2023.

Pendidikan disadari merupakan tanggungjawab bersama, dan oleh karenanya semua pihak harus ambil bagian dan turut berperan.

BACA JUGA:Anies Baswedan Jawab Pernyataan Luhut yang Tak Mau Perubahan: Itu Hanya Satu dari 4 Program Pembangunan

BACA JUGA:Korban Pendonor Ginjal Dapat Jalur Khusus dari Oknum Imigrasi, Polri Biasanya Untuk Menteri dan Penumpang Khusus

Pendidik dan Penggagas SMSG, Najelaa Shihab menjelaskan bahwa jaringan SMSG telah berkembang sangat pesat sejak dibentuk enam tahun lalu.

Saat itu, baru ada 112 Komunitas dan Organisasi Pendidikan (KOP) yang tergabung dalam jaringannya.

Kini, sudah ada 1.038 KOP yang bekerja di 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. 

Berbagai KOP ini menggarap banyak sekali hal yang berkaitan dengan pendidikan, mulai dari pengembangan guru, pendidikan lingkungan, pendidikan karakter, pendidikan yang inklusif bagi penyandang disabilitas, pendidikan yang mengintegrasikan teknologi digital, kebijakan pendidikan, dan lain-lain. 

BACA JUGA:Wuling ‘July’s Special Package’, Ada Program Pembelian Berhadiah Emas dan Mobil

BACA JUGA:Gandeng National University, Hyundai Motor Group Buka Pusat Penelitian Baterai Gabungan

"Ini merupakan kabar baik bagi dunia pendidikan Indonesia, karena semakin banyak aktor yang ambil peran, dan inovasi pendidikan bukan cuma diwacanakan tetapi sungguh dipraktikkan," ujar Najelaa Shihab melalui keterangannya, Sabtu, 29 Juli 2023.

Dalam Belajaraya, publik dapat belajar beragam praktik baik, kisah-kisah dari pengalaman dan kiprah selama ini, serta rencana masa depan berbagai KOP tersebut. 

Najelaa menjelaskan bahwa saat ini bukan lagi masanya menanyakan apa yang bisa kita perbuat untuk mendukung program pemerintah dan menyukseskan prioritas nasional, melainkan apa yang bisa dilakukan oleh pembuat kebijakan dan lintas sektor untuk menguatkan praktik baik yang telah dilakukan oleh berbagai kelompok komunitas, organisasi pendidikan, dan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: