Lengkap! Tata Cara Sholat Hajat, Doa, dan Waktu

Lengkap! Tata Cara Sholat Hajat, Doa, dan Waktu

Tata Cara dan Doa dalam Sholat Hajat-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, DISWAY.ID - Sholat hajat merupakan salah satu jenis sholat sunnah yang dilakukan untuk memohon hajat atau keperluan tertentu kepada Allah SWT. 

Ibadah ini memiliki tata cara, doa, dan waktu khusus yang perlu dipahami dan diikuti oleh umat Muslim. 

Dalam artikel ini akan membahas tuntas tentang tata cara sholat hajat, doa yang dibaca, dan waktu yang tepat untuk melaksanakannya.

Tata Cara Sholat Hajat

Sholat hajat dilakukan dengan niat untuk memohon hajat atau keperluan tertentu kepada Allah SWT. 

BACA JUGA:Cara Membuat Akun di SIMPKB untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Anda

Berikut adalah tata cara pelaksanaannya:

a. Niat: Sama seperti ibadah lainnya, sholat hajat dimulai dengan niat yang ikhlas dalam hati untuk melaksanakannya karena Allah SWT semata.

b. Jumlah Rakaat: Sholat hajat dapat dilakukan dalam 2 rakaat atau lebih, tergantung pada kebutuhan dan hajat yang ingin dimohonkan.

c. Doa pada Rakaat Pertama: Setelah membaca takbiratul ihram (Allahu Akbar), bacalah doa iftitah dan bacaan Al-Fatihah diikuti dengan surah pendek atau beberapa ayat dari Al-Quran.

d. Doa pada Rakaat Kedua: Setelah ruku', sebelum sujud, bacalah doa untuk hajat yang diinginkan. Doa ini bisa berupa doa yang diajarkan Rasulullah SAW atau doa dengan bahasa kita sendiri, sesuai dengan kebutuhan yang ingin dimohonkan.

e. Tasyahud dan Salam: Selesai membaca doa di rakaat kedua, lanjutkan dengan tasyahud dan salam seperti dalam sholat pada umumnya.

BACA JUGA:Dukung Kegiatan BUMN Environmental Movement, Pegadaian Ajak Masyarakat Medan Bersih-bersih Sungai

Doa dalam Sholat Hajat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: