Ini 7 Dampak Buruk Makan Larut Malam

Ini 7 Dampak Buruk Makan Larut Malam

Inilah dampak buruk makan saat larut malam. -Ilustrasi/freepik-

Padahal lemak yang bisa dibakar pada malam hari sampai 10 persen. Ketika gula darah terus melonjak, risiko terkena penyakit diabetes dan jantung juga akan menghantui.

3. Mengubah nafsu makan 

Tubuh kamu mempunyai hormon yang bernama leptin dan ghrelin. Hormon ghrelin berfungsi untuk memberi tahu kapan kamu harus makan atau memunculkan rasa lapar.

Sedangkan hormon leptin, mempunyai tanggung jawab membuat kamu merasa kenyang. 

Orang yang terbiasa makan ketika siang hari, maka puncak hormon ghrelinnya biasanya terjadi pada siang hari juga.

BACA JUGA:Cara Membuat Semur Daging Kerbau, Menu Enak Rendah Kolestrol untuk Hari Raya

Begitu pula dengan produksi leptin, yang bisa mencapai pada puncaknya pada sore maupun malam hari. 

Hal tersebut menjadikan kamu akan merasa kenyang ketika malam hari, dan rasa lapar akan terjadi pada siang maupun sore hari.

Apabila kamu sudah terbiasa makan pada malam hari, maka fungsi dari hormon tersebut akan berbalik dan tidak bisa bekerja secara optimal. 

Nafsu makan yang berubah ini bisa terjadi menjadi efek makan pada tengah malam yang sudah menjadi kebiasaan. 

4. Memicu peradangan 

Bahaya dari makan tengah malam berikutnya yaitu bisa memicu peradangan. Menurut sebuah studi, makan tengah malam dapat meningkatkan risiko peradangan pada tubuh. 

Hal ini terjadi sebab setiap kenaikan 10 persen dari jumlah kalori yang kamu konsumsi sejak jam 5 sore sampai tengah malam mengakibatkan kenaikan sebesar 3 persen protein C-Reactive, sebuah tanda utama dari terjadinya peradangan pada tubuh. 

5. Daya ingat menurun 

Dampak dari makan tengah malam pun dapat dirasakan oleh otak. Pada sebuah riset pada hewan uji, makan di tengah malam ternyata dapat mengumpulkan sejumlah fungsi otak sehingga membuat kemampuan mengingat dan belajar menjadi menurun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: