Hargai Pemimpin Wanita, Indonesia Most Powerful Women Awards 2023 Digelar

Hargai Pemimpin Wanita, Indonesia Most Powerful Women Awards 2023 Digelar

Penghargaan kepada peran wanita, HerStory.co.id adakan Indonesia Most Powerful Women Awards 2023: Leadership Beyond Gender.-Istimewa/Rafi Adhi Pratama-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Penghargaan kepada peran wanita, HerStory.co.id adakan Indonesia Most Powerful Women Awards 2023: Leadership Beyond Gender.

Pemimpin Redaksi HerStory, Clara Aprilia mengatakan penghargaan diberikan kepada  pemimpin wanita yang melakukan inovasi dan pengembangan di sektor industri.

Menurutnya, wanita sudah semakin berani dan lantang dalam menyuarakan pendapatnya serta menunjukkan kemampuan untuk memimpin perusahaan di berbagai sektor.

BACA JUGA:Terharu Dukungan PBB, Prabowo Subianto Yakin Ada Tambahan Parpol Lagi

"Bukti kesetaraan gender semakin merata terlihat dari data perentase (Grant Thornton Women in Business 2023) perempuan yang berada di posisi senior manajemen dalam perusahaan global, grafiknya terus menunjukkan angka yang positif meski perubahannya tak cukup besar dari tahun 2022. Tapi pada 2023 sebanyak 32,4 persen perempuan telah menempati senior manajemen,” katanya kepada awak media.

Diungkapkannya, persentase wanita di posisi kepemimpinan hanya sedikit meningkat.

Data Grant Thornton Women in Business 2023 menunjukkan perluasan yang signifikan pada peran wanita yang menduduki posisi CEO dan CIO.

“Pada 2019 hanya ada 15 persen perusahaan yang memiliki CEO perempuan dalam perusahaannya, sekarang angkanya menyentuh mencapai 28 persen. Kemudian posisi CIO perempuan juga naik dari 16 persen menjadi 23 persen di tahun yang sama. Sementara untuk posisi COO dan CFO meningkat juga menjadi 25 persen perusahaan yang memiliki COO perempuan dan 30 persen memiliki CFO perempuan,” ungkapnya.

Dijelaskannya, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) mengalami peningkatan. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari 2023 lalu. Semulanya ada di angka 68,63 persen dan di 2023 mengalami kenaikan 9,3 persen.

BACA JUGA:Detik-detik Harry Maguire Disemprot Andre Onana Viral, Apa Kesalahannya?

“Sejalan dengan tema awarding hari ini, yaitu Leadership Beyond Gender, peran perempuan terutama sebagai seorang pemimpin dapat memberikan kontribusi pada peningkatan lingkunan kerja yang inklusif dan pengembangan potensi perempuan yang lebih maksimal lagi. Bukan hanya di dunia kerja, pergerakan ekonomi negara juga dapat tumbuh lebih positif apabila perempuan berpartisipasi dalam dunia kerja,” jelasnya.

Dalam kesempatan sama, Chairwoman of W20 Indonesia, Hadriani Uli Silalahi menuturkan, sebagai perempuan harus siap percaya diri dan berani sejak dini. Terlebih lagi, harus mampu beradaptasi terhadap kemajuan teknologi.

Ditegaskannya, perempuan harus mempersiapkan diri harus menjadi pemimpin. 

“Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada panitia penyelenggara atas berlangsungnya acara ini. Saya ingin mengucapkan selamat kepada para pemenang yang sangat membanggakan dan diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada seluruh perempuan di Indonesia.” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: