Panji Gumilang Tersangka Penistaan Agama, MUI : Semoga Kegaduhan Terkait Al Zaytun Cepat Selesai

Panji Gumilang Tersangka Penistaan Agama, MUI : Semoga Kegaduhan Terkait Al Zaytun Cepat Selesai

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan 5 Diktum Fatwa terkait bela Palestina-MUI -

JAKARTA, DISWAY.ID-Pemimpin Pondok Pesantren al-zaytun">Al Zaytun, Panji Gumilang resmi ditetapkan sebagai tersanga kasus penistaan agama.

Terkait penetapan tersangka Panji Gumilang tersebut, Wakil Ketua Umum MUI, Buya Anwar Abbas  berharap semoga kegaduhan terkait Al Zaytun segera selesai. 

Akibat kegaduhan Al Zaytun ini, Buya Anwar bercerita, dirinya tidak bisa tidur nyenyak. Bukan karena diganggu istri atau anaknya melainkan karena dihubungi wartawan bahkan sampai jam 11 malam.

BACA JUGA:Fatwa MUI dan Hasil Labfor Kasus Dugaan Penistaan Agama Panji Gumilang Dikantongi Bareskrim

“Wartawan kerap mengkontak saya jam 11 malam, jadi mudah-mudahan dengan adanya kejelasan sikap dari Bareskrim Polri masyarakat kembali hidup tentang dan isu yang bergentayangan bisa diselesaikan, ” ujar pria yang juga Ketua PP Muhammadiyah ini.

Di samping berharap kegaduhan segera selesai, dari hati terdalam, Buya Anwar sendiri mengaku sedih dengan tertangkapnya Panji Gumilang.

BACA JUGA:Panji Gumilang Dijerat Pasal Berlapis, Terancam Penjara Selama 10 Tahun

BACA JUGA:Panji Gumilang Ditahan 20 Hari di Rutan Bareskrim

“Saya sedih, beliau jadi tersangka itu ada sebabnya dan saya sesalkan adalah penyebabnya itu. Mestinya tidak ada penyebab itu sehingga beliau tidak perlu jadi tersangka, ” kata Buya dalam keterangan Rabu 2 Agustus 2023. 

“Sebagai muslim saya hanya mendoakan semoga beliau tabah dalam menghadapi masalah ini, itu saja. Mengenai proses hukum, karena kita negara hukum, jadi kita serahkan proses hukum yang nanti berlangsung, ” ungkapnya.

BACA JUGA:Panji Gumilang Jadi Tersangka Penistaan Agama, Pengacara Rencanakan Praperadilan

Sementara itu, Wakil Sekjen Bidang Hukum dan HAM MUI Ikhsan Abdullah mengapresiasi langkah Polri dalam kasus dugaan penistaan agama oleh Panji Gumilang. 

"Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Polri yang telah bekerja keras dan sungguh-sungguh dalam melindungi umat dan menjaga kondusifitas masyarakat yang beberapa bulan ini sempat terguncang dan dibuat gaduh oleh Panji Gumilang," ujar Wakil Sekjen Bidang Hukum dan Ham MUI Ikhsan Abdullah dalam keterangan resminya diterima di Jakarta, Rabu 2 Agustus 2023. 

Ikhsan memastikan bahwa ulama dan umat akan senantiasa mendukung Polri dalam penyelesaian perkara dugaan tindak pidana penistaan agama oleh Panji Gumilang tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: