Jelang Pemilu 2024, Polri Bakal Bentuk Satgas Anti Politik Uang

Jelang Pemilu 2024, Polri Bakal Bentuk Satgas Anti Politik Uang

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho, Polri memutuskan untuk tetap mempertahankan atau menugaskan Brigjen Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan di KPK. -Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-Sejumlah upaya dilakukan oleh Kepolisian Negara Republik untuk mengamankan Pemilu 2024 mendatang. 

Salah satu upayanya yaitu dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas) anti politik uang guna mencegah praktik jual beli suara di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Nantinya akan dibentuk dalam rangka pemilu lebih utamanya adalah untuk mencegah terjadinya money politik, dan tentu saja dalam rangka kegiatan tugasnya pasti akan bekerja sama dengan semua komponen bangsa lainnya,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho di Jakarta, Rabu, 9 Agustus 2023.

BACA JUGA:KPU Pastikan Tidak Ada Lagi Perubahan DPT untuk Pemilu 2024

BACA JUGA:Mahfud MD: 'Masyarakat Bakal Rugi Kalau Golput, Ayo Sukseskan Pemilu 2024!'

Ia mengatakan nantinya satgas tersebut akan memantau aliran-aliran dana yang bermuara ke sejumlah partai politik (Parpol).

"Tentu saja kegiatan itu juga akan mengacu pada peraturan perundangan dan ketentuan yang berlaku bukan hanya sekedar bahwa akan diadakan sebuah untuk kegiatan yang lain," Bebernya.

"Tapi inti dan maksud utamanya adalah untuk mencegah agar tidak terjadinya money politik agar pemilu berjalan dengan lancar," tutupnya.

Polri juga memastikan siap melakukan pengamanan proses Pemilu 2024. Pengamanan akan dilakukan melalui Operasi Mantap Brata.

BACA JUGA:KPU Sebut Sirekap Dapat Diakses Publik Saat Pemungutan Suara Pemilu 2024

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen. Pol. Ahmad Ramadhan, dari segi pola pengamanan, jumlah personel, dukungan anggaran, bahkan cara bertindak apabila ada potensi gangguan sudah dimatangkan.

Dengan demikian, seluruh tahapan pemilu dapat berjalan aman, lancar dan demokratis.

“Operasi Mantap Brata akan dijalankan dengan terstruktur dan masif dari tingkat Mabes hingga tingkat Polres jajaran, serta akan berkolaborasi dengan stakeholder terkait dalam pengamanan pemilu,” jelas Karopenmas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: