5 Contoh Pidato Kemerdekaan 17 Agustus 2023 HUT RI ke-78, Singkat dan Penuh Makna

5 Contoh Pidato Kemerdekaan 17 Agustus 2023 HUT RI ke-78, Singkat dan Penuh Makna

Veteran melakukan upacara bendera ketika Parade Surabaya Juang di Jalan Tunjingan Surabaya, Jawa Timur, Minggu (6/11/2022). Parade tersebut digelar dalam rangka menyambut Hari Pahlawan 10 November setelah vakum selama dua tahun dilanda pandemi, pagelaran -Julian Romadhon-Harian Disway

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh 3

Bismillahirrahmaanirrahiim,

Assalamualaikum wr, wb.

Para hadirin yang saya hormati,

Yang pertama dan paling utama mari kita ucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini guna memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78. Guna memperingati Hari Kemerdekaan kita ini, saya sendiri akan menyampaikan pidato singkat yag mudah-mudahan bermanfaat bagi hadirin sekalian.

Para hadirin yang saya hormati,

Tidak terasa bahwa sudah 78 tahun kita merdeka dari penjajahan bangsa asing. Tak terasa pula bahwa negara kita ini mengalami banyak perkembangan dan lika-liku dalam mempertahankan dan menghayati kemerdekaan ini. Seharusnya, peringatan Hari Kemerdekaan ini dapat dijadikan momen untuk merenungkan jasa dan perjuangan para pahlawan.

Hal itu juga sebagai bentuk perenungan kembali bagaimana kondisi negara ini, apakah merdeka yang dikatakan sudah sepenuhnya dirasakan, atau justru malah terjajah secara tidak langsung?

Sayangnya, momen Hari Kemerdekaan terjadinya hanya dirayakan dengan berbagai lomba dan acara panggung musik, padahal jika dicermati diantaranya tidak berhubungan dengan filosofi perjuangan atau kemerdekaan negara ini.

Mungkin emang sah-sah saja jika mengadakan lomba atau panggung musik untuk merayakannya. Tetapi, lebih baik lagi jika hal tersebut bisa dijadikan tempat untuk merenungi bagaimana jasa para pahlawan, serta kemerdekaan negara yang kita cintai ini.

Maka dari itu, di hari yang berbahagia ini, mari kita kenang kembali jasa para pahlawan yang berhasil menghantarkan kemerdekaan negara ini, sehingga kita bisa terbebas dari belenggu penjajahan dan mampu berkumpul di tempat mulia ini.

Selain itu, mari kita jadikan momen Hari Kemerdekaan ini sebagai ajang untuk meresolusi atau merencanakan kontribusi kecil apa yang akan kita lakukan agar kemerdekaan kita tetap terjaga, senantiasa agar negara ini damai.

Kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kemerdekaan ini dapat dirasakan hingga anak cucu kita kelak nanti.

Mungkin hanya itu saja yang bisa disampaikan pada pidato kali ini. Semoga bermanfaat untuk hadirin sekalian. Mohon dimaafkan jika ada kata-kata yang menyinggung atau salah ucap dalam pidato yang saya utarakan tadi. Kesempurnaan hanyalah milik-Nya, salah serta dosa tak pernah luput dari kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: