5 Contoh Pidato Kemerdekaan 17 Agustus 2023 HUT RI ke-78, Singkat dan Penuh Makna

5 Contoh Pidato Kemerdekaan 17 Agustus 2023 HUT RI ke-78, Singkat dan Penuh Makna

Veteran melakukan upacara bendera ketika Parade Surabaya Juang di Jalan Tunjingan Surabaya, Jawa Timur, Minggu (6/11/2022). Parade tersebut digelar dalam rangka menyambut Hari Pahlawan 10 November setelah vakum selama dua tahun dilanda pandemi, pagelaran -Julian Romadhon-Harian Disway

Wassalamualaikum wr, wb.

BACA JUGA:Jokowi Terbitkan Aturan 'Golden Visa', Izin Tinggal WNA Jadi 10 Tahun

BACA JUGA:4 Instruksi Jokowi Untuk Atasi Polusi Udara di Jakarta

Contoh 4

Assalamualaikum wr, wb.

Hadirin yang saya hormati,

Pertama, marilah kita memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Swt. karena berkat karunia dan limpahan rahmat-Nya kita semua bisa kembali berkumpul memperingati HUT ke-78 RI.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Kali ini saya akan berpidato tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia. Jika kita tinjau dari kisah-kisah heroik para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, benar-benar sangat menyayat hati.

Banyaknya korban berceceran dan bau darah amis tercium ke sana kemari. Ketersiksaan rakyat yang harus bekerja tanpa lelah untuk mendapatkan sesuap nasi. Anak-anak negeri tidak bisa memiliki masa kecil yang bahagia, justru menyaksikan orang tuanya terbunuh oleh para bangsa koloni.

Perempuan menjadi budak seksual hanya untuk memenuhi hasrat para penjajah. Masa itu adalah masa kelam bagi seluruh rakyat Indonesia.

Hadirin sekalian,

Meskipun begitu, ingatlah! Para pahlawan kita yang gugur dalam peperangan. Usaha mereka tidak sia-sia. Pantang menyerah untuk menegakkan hak dan kebebasan rakyat Indonesia meskipun nyawa menjadi taruhan.

Kebahagiaan rakyat adalah tujuan utama mereka. Doa demi doa selalu mereka panjatkan untuk membebaskan diri dari mimpi buruk penjajah.

Namun, Tuhan tidak pernah tidur. Ia menyaksikan perjuangan panjang para pahlawan hingga banyak korban yang telah gugur dalam pertempuran. Akhirnya doa dan rintihan seluruh rakyat didengar dan dikabulkan menjadi kenyataan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: