5 Contoh Pidato Kemerdekaan 17 Agustus 2023 HUT RI ke-78, Singkat dan Penuh Makna

5 Contoh Pidato Kemerdekaan 17 Agustus 2023 HUT RI ke-78, Singkat dan Penuh Makna

Veteran melakukan upacara bendera ketika Parade Surabaya Juang di Jalan Tunjingan Surabaya, Jawa Timur, Minggu (6/11/2022). Parade tersebut digelar dalam rangka menyambut Hari Pahlawan 10 November setelah vakum selama dua tahun dilanda pandemi, pagelaran -Julian Romadhon-Harian Disway

JAKARTA, DISWAY.ID - Pidato kemerdekaan menjadi salah satu rangkaian penting dalam peringatan HUT RI yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus.

Pidato kemerdekaan 17 Agustus ini biasanya disampaikan pada saat pelaksaan upacara hari kemerdekaan.

Isi pidato biasanya berupa ungkapan syukur dan penghormatan kepada para pahlawan serta pesan-pesan inspiratif dari momen memperjuangkan kemerdekaan.

Tentu saja, sambutan harus diucapkan dengan kalimat yang padat dan jelas.

Berikut contoh pidato kemerdekaan singkat dan penuh makna yang bisa jadi referensimu pada momen 17 Agustus nanti.

BACA JUGA:PLN Dinobatkan Jadi Korporasi Terpopuler di Media Arus Utama Versi Serikat Perusahaan Pers

BACA JUGA:Mantap! bLU cRU Yamaha Sunday Race dan Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival Digelar di sirkuit Mandalika, Ini Daftar Kelas yang Diperlombakan!

Contoh Pidato Kemerdekaan 17 Agustus 2023, HUT RI ke-78

Contoh 1

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas nikmat-Nya yang tiada terhingga, kita masih diberikan kesempatan untuk merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. Melalui momen bersejarah ini, mari kita ingat dan hargai perjuangan para pahlawan yang telah rela berkorban untuk memperjuangkan kemerdekaan negara kita tercinta.

Perjuangan para pahlawan tidaklah sia-sia. Mereka telah menumpahkan darah, keringat, dan air mata untuk mewujudkan impian Indonesia merdeka. Kita sebagai generasi penerus memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga dan memajukan cita-cita mulia bangsa ini. Kemerdekaan bukanlah sekadar kebebasan dari penjajahan fisik, tetapi juga kebebasan dalam berpikir, berbicara, dan berkreasi.

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, bahasa, dan suku bangsa. Keragaman ini seharusnya menjadi kekuatan bagi kita dalam membangun persatuan dan kesatuan. Marilah kita bersatu dalam perbedaan, menghormati hak-hak setiap individu, dan mendorong kemajuan bersama. Dalam menghadapi tantangan global, kita harus tetap teguh pada nilai-nilai Pancasila sebagai landasan bangsa.

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi dan komunikasi, kita juga harus menjaga identitas budaya kita. Mari lestarikan adat istiadat dan tradisi leluhur kita sebagai bagian tak terpisahkan dari kekayaan bangsa. Kita dapat mengambil inspirasi dari masa lalu untuk memandu langkah-langkah kita menuju masa depan yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: