Kasus Pierre Gruno Dihentikan, Korban dan Pelaku Sepakat Tempuh Restorative Justice

Kasus Pierre Gruno Dihentikan, Korban dan Pelaku Sepakat Tempuh Restorative Justice

Kasus pemukulan yang menyangkut aktor Pierre Gruno akhirnya dihentikan. Korban dan pelaku sepakat untuk menempuh restorative justice, Kamis 17 Agustus 2023. -dok Andrew Tito-

JAKARTA, DISWAY.ID-Kasus yang menyangkut aktor Pierre Gruno dihentikan. 

Wakasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Henrikus Yossi mengatakan Aktor Pierre Gruno dan korban yang dipukulnya, GDS (61), telah sepakat berdamai dan menempuh keadilan restoratif (restorative justice).

Pierre dan GDS telah memenuhi syarat formil dan materiil sehingga dapat menyelesaikan kasus tersebut dengan restorative justice.

BACA JUGA:Alasan Polisi Tolak Pengajuan Penangguhan Penahanan Pierre Gruno

“Kedua belah pihak telah bersepakat untuk menyelesaikan secara kekeluargaan. Ada surat permohonan dari pihak pelapor atau pihak korban untuk menyelesaikan secara kekeluargaan, berikut juga dari pihak tersangka,” kata Yossi di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Kamis 17 Agustus 2023. 

Selain itu, polisi melihat insiden ini tidak menimbulkan keresahan atau konflik sosial di masyarakat. Polisi juga menganggap perbuatan Pierre bukan tindak pidana yang bernuansa radikal atau separatis.

“Itu adalah syarat-syarat materil yang kami pandang terpenuhi dalam permohonan keadilan restoratif yang dimohonkan kedua belah pihak,” ujar Yossi.

BACA JUGA:Terbukti Lakukan Penganiayaan, Artis Senior Pierre Gruno Terancam 5 Tahun Penjara

Maka dari itu, melalui mekanisme gelar perkara, polisi memutuskan untuk menghentikan penyidikan kasus ini.

“Terhadap perkara tersebut, kami lakukan penghentian penyidikan berdasarkan keadilan restoratif,” tutur dia.

Adapun GDS diduga dianiaya Pierre di Satu Lagi Bar Hotel Kristal, Cilandak, Jumat 30 Juni 2023 sekitar pukul 22.00 WIB.

Korban mengungkapkan, saat itu dia tengah duduk di salah satu meja bar bersama rekannya. Ia tiba-tiba dihampiri oleh Pierre karena aktor itu menilai korban menatapnya sinis.

“Terlapor datang ke meja saya dan langsung berkata, ‘Lu kayaknya ngeliat gue sinis banget dari tadi’. Saya jawab, ‘Sinis bagaimana?’” tutur GDS.

Setelah itu, bukannya menerima penjelasan, GDS justru langsung dipukul tanpa basa-basi oleh Pierre. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: