Sudah Bertemu Megawati, Ridwan Kamil Bakal Jadi Cawapresnya Ganjar? PDIP Akui Ini

Sudah Bertemu Megawati, Ridwan Kamil Bakal Jadi Cawapresnya Ganjar? PDIP Akui Ini

Ganjar Pranowo (Tengah) bersama Ridwan Kamil (kanan) dan Gibran Rakabuming Raka.-Pemprov Jabar-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil santer diisukan bakal menjadi Calon Wakil Presiden (Cawaspres) untuk mendampingi Capres Ganjar Pranowo.

Apalagi Ridwan Kamil disebut sudah bertemu dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri belum lama. 

Selain dinilai telah sukses menjadi kepala daerah berpenduduk terbanyak di Indonesia, Ridwan Kamil digadang-gadang lantaran merupakan tokoh popular di Jawa Barat.

BACA JUGA:Ahmad Sahroni: Tak Ada Pengkhianat dalam Deklarasi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengakui Ketua Umum PDIP Megawati bersama pimpinan partai politik pendukung Ganjar Pranowo mempertimbangkan nama Ridwan Kamil sebagai salah satu nama bakal cawapres. 

"Saya kira semua bacawapres dipertimbangkan Bu Mega dengan penuh saksama, dengan berbagai pertimbangan dan alasan-alasan mengapa tokoh tersebut menjadi pertimbangan," kata Basarah di Rumah Aspirasi, Jakarta Pusat, Selasa 5 September 2023.

"Saya kira Pak RK (Ridwan Kamil) sebagai salah satu tokoh kepala daerah yang dinilai juga sukses memimpin Jabar sebagai satu kandidat yang masuk dalam pertimbangan-pertimbangan tersebut," katanya.

Namun, tegas Basarah, Ridwan Kamil merupakan salah satu nama yang turut dipertimbangkan.

BACA JUGA:Jokowi Buka ASEAN Indo Pasific Forum: Bangun Habit of Cooperation yang Win-Win Formula  

"Semua posisi bacawapres yang ada baik yang sudah muncul di permukaan publik maupun yang belum sama-sama memiliki peluang yang sama," katanya.

Diungkapkan Basarah, bursa cawapres Ganjar terdiri dari kepala daerah, tokoh parpol dan profesional hingga tokoh keagamaan.

"Semua tokoh-tokoh baik itu tokoh kepala daerah partai-partai politik, tokoh-tokoh profesional, tokoh purnawirawan TNI dan tokoh-tokoh dari Ormas keagamaan seperti NU dan Muhammadiyah semuanya memiliki potensi yang sama untuk dipertimbangkan menjadi bacawapresnya Mas Ganjar," tutur Basarah.

Menurut Basarah, Megawati tak ingin terburu-buru dalam menentukan cawapres Ganjar, sebab ketum parpol pengusung Ganjar masih melihat dinamika peta kerja sama koalisi.

Sementara, Ridwan Kamil Emil mengakui dirinya sempat berkomunikasi dengan Megawati Soekarnoputri belum lama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: