Kerja Sama PLN-Kemenko Marves: Wujudkan Kelestarian Lingkungan dan Pembangunan yang Berkelanjutan

Kerja Sama PLN-Kemenko Marves: Wujudkan Kelestarian Lingkungan dan Pembangunan yang Berkelanjutan

Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama terkait Kegiatan Pelestarian Lingkungan sebagai Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) antara Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PLN Evy Haryadi (kiri) dan Deputi Pengelolaan Lingkungan dan Kehu-Istimewa/Disway.id-

Darmawan memandang, kerja sama ini menjadi bukti nyata komitmen PLN untuk melestarikan lingkungan dan memastikan bumi layak huni bagi generasi saat ini dan mendatang. Hal ini tentunya juga menguatkan posisi PLN dalam menjalankan prinsip Environmental, Social and Governance (ESG) yang telah dilakukan selama ini.

”Kami menyambut baik kerja sama ini, sebagai pedoman kemitraan nasional dalam meningkatkan sinergi dan koordinasi antar lembaga, dalam upaya kegiatan pelestarian lingkungan dan ekosistem mangrove. Hal ini merupakan implementasi prinsip ESG yang dijalankan PLN guna mewujudkan pembangunan berkelanjutan pada pilar ekonomi dan lingkungan,” ujar Darmawan.

Darmawan menambahkan, selama tahun 2023, PLN dan Kemenko Marves telah berkolaborasi dalam beberapa program.

Di antaranya, penanaman mangrove di area Pantai Utara pulau Jawa, Banten, sebagai restorasi dan pelindung pesisir pantai dari abrasi yang semakin kuat.

Lalu, pemanfaatan FABA sebagai paving block jalan setapak di Taman Sains dan Teknologi Herbal (TSTH) Humbang Hasundutan, pemanfaatan FABA PLTU Ombilin sebagai pupuk silika sekaligus pembenah tanah (amelioran) mempercepat pemulihan lahan bekas tambang untuk kemudian dijadikan Hutan Tanaman Energi. Baru-baru ini melalui kolaborasi BUMN; PLN bekerja sama dengan Kemenko Marves dalam Aksi Tanam Mangrove #Kerja Bersama Hijaukan Indonesia, di Tangerang, Banten.

”Melalui kerja sama ini diharapkan penyelamatan lingkungan hidup dan rehabilitasi ekosistem mangrove, sekaligus memastikan keberhasilan program akan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan,” pungkas Darmawan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: