Usung Tema TRANSIT(ION), Jakarta Architecture Festival Jadi Momentum Menuju Kota Global

Usung Tema TRANSIT(ION), Jakarta Architecture Festival Jadi Momentum Menuju Kota Global

Usung Tema TRANSIT(ION), Jakarta Architecture Festival Jadi Momentum Menuju Kota Global-dok JAF 2023-

JAKARTA, DISWAY.ID-- JAKARTA Architecture Festival (JAF) 2023 yang diselenggarakan September 2023 merupakan sebuah perayaan perubahan status baru JAKARTA dengan telah diumumkannya pemindahan ibu kota negara ke Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Jakarta memiliki sejarah panjang sebagai sebuah kota global yang terus berkembang telah mengalami banyak perkembangan dalam beberapa abad ini, berevolusi serta berusaha untuk terus menjawab setiap tantangan serta permasalahan yang dihadapi. 

BACA JUGA:Festival Bogasari Targetkan 10 Ribu Pengunjung, Hadir di 3 Kota Dalam 3 Minggu

“Pasca ditetapkannya Nusantara sebagai Ibu Kota Negara Republik Indonesia, Jakarta menghadapi tantangan keseimbangan ekologi, ruang berkeadilan dan wadah ekonomi regenerative,” ujar Ar. Doti Windajani, IAI, AA, Ketua Ikatan Arsitek Indonesia Jakarta (IAI Jakarta). 

“Oleh karena itu perlu untuk terus menggali potensi Jakarta mengembangkan karya terbaik, untuk era baru masyarakat dan Jakarta menjadi kota global masa depan yang sustainable,” tambahnya.

Jakarta Architecture Festival 2023 mengambil tema TRANSIT(ION), yang secara harfiah memiliki arti sebuah proses atau periode perubahan dari satu kondisi menuju kondisi lainnya. 

BACA JUGA:Ajak Masyarakat Gaya Hidup Sehat, Hero Supermarket Hadirkan Vegan and Vegetarian Festival

Sebuah transisi yang pasti terjadi bagi Jakarta di masa mendatang, yang bermula dari sebuah kota pelabuhan dari sebuah kerajaan kuno, kemudian menjadi hub perdagangan seluruh penjuru dunia sehingga menjadi ibu kota sebuah negara muda, Indonesia. 

“Festival ini bertujuan untuk mengumpulkan beberapa insight mengenai TRANSIT(ION) yang akan terjadi dari berbagai stakeholder seperti masyarakat, komunitas, pemerintah, sektor privat, para profesional serta akademisi untuk memberikan pemahaman publik akan pentingnya desain kota yang baik,” jelas Prima Abdullah, Program Director JAF.

BACA JUGA:Infinix Hadir di Gelaran Sinema Klasik, Venice International Film Festival ke-80, Italia

“Sehingga menjadikannya kota yang layak dihuni baik dari segi kebijakan publik, dan investasi yang berdasarkan riset serta dan pengetahuan terkini tentang kota,” imbuhnya.

Diselenggarakan dari tanggal 9 September hingga 30 September 2023, festival ini akan terdiri dari beragam rangkaian kegiatan.

Seperti conference, diskusi, eksibisi, instalasi publik, pemutaran film kebudayaan, program penjelajahan kota, gathering, serta perlombaan sketsa beragam bangunan warisan Jakarta. 

Berbagai pembicara Nasional maupun Internasional akan turut menyampaikan pandangannya akan beragam isu di Jakarta pada festival ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: