Khusus Wanita! Kenali 10 Ciri-ciri Kosmetik yang Berbahaya Menurut BPOM: Nomor 9 Paling Mudah Tergiur!

Khusus Wanita! Kenali 10 Ciri-ciri Kosmetik yang Berbahaya Menurut BPOM: Nomor 9 Paling Mudah Tergiur!

Ilustrasi kosmetik-Emma Bauso-pexels

JAKARTA, DISWAY.ID - Kosmetik adalah bagian penting bagi wanita untuk perawatan diri sehari-hari. Namun, tidak semua kosmetik aman digunakan. 

Kendati begitu, Anda tetap harus berhati-hati dan waspada sebelum memutuskan untuk membeli kosmetik. 

Jangan sampai tergiur harga murah, namun ternyata mengandung bahan-bahan yang membahayakan kulit bahkan kesehatan secara keseluruhan.

Oleh karena itu, kenali ciri-ciri kosmetik berbahaya menurut BPOM yang patut Anda waspadai berikut ini.

1. Periksa Label Produk:

Salah satu cara paling mudah untuk mengenali kosmetik yang berbahaya adalah dengan memeriksa label produknya. 

BPOM mewajibkan semua produk kosmetik memiliki label yang mencantumkan informasi penting seperti nama produk, nama produsen, tanggal kedaluwarsa, nomor izin edar BPOM, dan bahan-bahan yang digunakan. Pastikan untuk membaca label secara teliti sebelum membeli atau menggunakan produk kosmetik.

2. Tidak mencantumkan izin edar

Salah satu ciri kosmetik berbahaya menurut BPOM adalah tidak memiliki dan mencantumkan izin edar pada kemasannya. Kosmetik yang tidak memiliki izin edar dari BPOM, tentu tidak terjamin keamanan, manfaat, dan mutunya.

3. Perhatikan Nomor Izin Edar (NIE):

Nomor Izin Edar (NIE) dari BPOM adalah salah satu indikator utama keamanan produk kosmetik. NIE adalah nomor registrasi yang menunjukkan bahwa produk tersebut telah melalui pengujian dan persetujuan dari BPOM. 

Pastikan produk yang Anda beli memiliki NIE yang valid. Anda dapat memeriksa keabsahan NIE melalui situs web resmi BPOM.

4. Terasa lengket

Jika kosmetik memiliki konsentrasi yang pekat sehingga cenderung terasa lengket dan sulit meresap dengan cepat ke kulit, Anda patut berhati-hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: