Khusus Wanita! Kenali 10 Ciri-ciri Kosmetik yang Berbahaya Menurut BPOM: Nomor 9 Paling Mudah Tergiur!

Khusus Wanita! Kenali 10 Ciri-ciri Kosmetik yang Berbahaya Menurut BPOM: Nomor 9 Paling Mudah Tergiur!

Ilustrasi kosmetik-Emma Bauso-pexels

Karena itu, sebelum membeli kosmetik ada baiknya untuk mencoba produk di area kecil kulit terlebih dahulu sebelum digunakan ke seluruh wajah.

5. Mengandung bahan berbahaya atau dilarang

Ciri-ciri kosmetik berbahaya menurut BPOM selanjutnya mengandung bahan berbahaya dan dilarang seperti merkuri, hidrokinon, tretinoin atau asam retinoat, dan bahan lainnya yang berbahaya atau dilarang ditambahkan dalam kosmetik.

6. Berbau logam

Jika kosmetik yang Anda beli berbau logam, itu menandakan kosmetik tersebut mengandung merkuri. Bahkan, ada kalanya produsen kosmetik yang nakal menambahkan pewangi untuk menyamarkan bau logam merkuri pada kosmetik tersebut.

7. Berubah warna menjadi gelap

Melansir Women's Health, kosmetik yang mengandung merkuri biasanya berubah warna menjadi abu-abu gelap atau hijau gelap saat terpapar oleh sinar matahari.

Jika hal itu terjadi pada kosmetik yang sedang Anda gunakan, segera hindari pemakaian berlanjut karena bisa memberikan efek berbahaya untuk kulit.

8. Memiliki tekstur yang kasar

Tekstur kosmetik yang berbahaya dan mengandung merkuri umumnya memiliki tekstur yang kasar. Selain itu, kosmetik juga memiliki tekstur lengket, tidak lembut, dan biasanya sulit menyatu dengan kulit wajah saat digunakan. 

Pasalnya, kandungan zat kimia berbahaya seperti merkuri sulit menyatu dengan minyak yang diproduksi secara alami oleh kulit wajah.

9. Harga Terlalu Murah:

Harga terlalu murah seringkali menjadi indikator bahwa sebuah produk kosmetik mungkin ilegal atau palsu. Produsen yang berusaha memotong biaya produksi mungkin menggunakan bahan yang tidak aman atau tidak mengikuti standar keamanan yang ditetapkan oleh BPOM. 

Oleh karena itu, waspadailah produk yang terlalu murah, terutama jika harga tersebut jauh di bawah harga pasar yang umum.

10. Hindari Produk Tanpa Keterangan Bahan:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: