Coba Bawa Santai, Stres di Tempat Kerja Ternyata Berisiko Timbulkan Serangan Jantung Lho: Bahaya!

Coba Bawa Santai, Stres di Tempat Kerja Ternyata Berisiko Timbulkan Serangan Jantung Lho: Bahaya!

Bahaya Stres yang Meningkat di Tempat Kerja---Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Bawa santai saja saat bekerja karena ternyata dengan pikiran stres di tempat kerja dapat meningkatkan kemungkinan penyakit jantung.

Hal tersebut terungkap dalam sebuah makalah yang baru-baru ini diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, Circulation: Cardiovaskular Quality and Outcomes.

Penelitian ini melibatkan 6.500 pekerja kerah putih, dengan usia rata-rata sekitar 45 tahun.

BACA JUGA:Ngeri! Studi Baru Temukan Mikroplastik 5 mm Bersarang di Jantung Manusia

Para peneliti di Kanada mengumpulkan data selama hampir dua dekade untuk mempelajari bagaimana stres di tempat kerja dapat mempengaruhi jantung.

Melansir dari laman Sportskeeda, mereka juga memeriksa pentingnya “ketidakseimbangan upaya-imbalan,” atau ERI pada kesehatan jantung.

Stres dan penyakit jantung

Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa orang yang mengalami stres mengalami peningkatan risiko penyakit jantung sebesar 49 persem, yang cukup signifikan.

BACA JUGA:Jangan Diabaikan, Ini 6 Penyebab Kolestrol Naik hingga Memicu Serangan Jantung dan Stroke

Ditemukan juga bahwa orang-orang yang memiliki ketidakseimbangan usaha dan imbalan serta stres di tempat kerja mempunyai risiko dua kali lipat terkena penyakit jantung.

Stres dan masalah jantung memiliki hubungan yang erat menurut penelitian.

Penulis utama, Mathilde Lavigne-Robichaud, R.D., M.S., kandidat doktor di Unit Penelitian Kesehatan Populasi dan Praktik Kesehatan Optimal, CHU de Quebec-Universite Laval Research Center di Quebec, Kanada, mengatakan:

“Mengingat banyaknya waktu yang dihabiskan orang di tempat kerja, memahami hubungan antara penyebab stres kerja dan kesehatan kardiovaskular sangat penting bagi kesehatan masyarakat dan kesejahteraan tenaga kerja.”

BACA JUGA:3 Gejala Serangan Jantung yang Jarang Diketahui, Awas Jangan Diabaikan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: