Pilu, Perjalanan Hidup Pony Orangutan, Dijadikan Pelacur Tarif Rp 38 Ribu hingga Trauma Bertemu Pria

Pilu, Perjalanan Hidup Pony Orangutan, Dijadikan Pelacur Tarif Rp 38 Ribu hingga Trauma Bertemu Pria

Pony Orangutan bersama induk semangnya, sebelum diselamatkan oleh tim rehabilitasi BOS Foundation-Facebook-

"Dari pemeriksaan tim medis, kami menemukan sejumlah luka di tubuhnya, rambutnya sangat kering, dan ciri-ciri malnutrisi kronis. Berat badannya turun 16 kilogram."

Sejak saat itu, kondisi kesehatan Pony terus menurun, dan berbagai penyakit hinggap di tubuhnya. 

"Pony bahkan pernah mengalami kaku otot jari kaki dan tangan, sampai harus menerima fisioterapi rutin dari tim medis kami."

Kondisi Pony Orangutan Sekarang

Megutip situs Orangutan.id, kondisi Pony, Orangutan betina nan cantik itu kini berusia 21 tahun dan dalam keadaan sehat. 

"Di kompleks sosialisasi, Pony selalu nafsu makan yang baik dan kesukaan akan enrichment yang diberikan tim kami." tulis BOSF Team.

BOS Foundation pada Selasa 14 Agustus 2023 menunjukkan, Pony masih berada di Pusat Rehabilitasi Orangutan Nyaru Menteng, Kalteng.

"Pony menjalani hidup sehat di dalam salah satu kompleks individu kami dalam beberapa tahun belakangan," ujar perwakilan BOS Foundation dalam keterangan tertulisnya.

Saat ini, Pony yang diperkirakan berusia 27 tahun berada dalam kondisi kesehatan yang sangat baik.

"Di kompleksnya saat ini, Pony selalu menunjukkan selera makan yang sehat pada buah-buahan dan alat pengayaan yang diberikan tim kami kepadanya," tulis pernyataan tersebut.

Meski begitu, orangutan Pony tidak mungkin ditempatkan di kompleks rehabilitasi jenis lain, seperti di pulau pra-pelepasliaran. Sebab, ia belum mampu hidup seperti orangutan biasa.

"Kami berharap dia mungkin bisa mendapatkan kesempatan untuk tinggal di pulau suaka suatu hari nanti, dan namanya sudah ada di dalam tapi dia sudah ada di daftar tunggu," ujar BOS Foundation Team.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: