Wakapolri Sematkan Lencana Kehormatan ke Pasukan FPU 4 Minusca

Wakapolri Sematkan Lencana Kehormatan ke Pasukan FPU 4 Minusca

Wakapolri Komjen Agus Andrianto menyematkan Satyalancana Bhakti Buana kepada 144 Kontingen Garuda Bhayangkara Satgas Formed Police Unit (FPU) 4 United Nations Multidimensional Integrated Stabilization Mission in the Central African Republic (Minusca).-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID - Wakapolri Komjen Agus Andrianto menyematkan Satyalancana Bhakti Buana kepada 144 Kontingen Garuda Bhayangkara Satgas Formed Police Unit (FPU) 4 United Nations Multidimensional Integrated Stabilization Mission in the Central African Republic (Minusca).

Penyematan itu dilakukan dalam Upacara Purna Tugas Kontingen Gharba Satgas FPU 4 Minusca di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan.

"Tentunya pada kesempatan yang baik ini, saya selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia mengucapkan selamat datang kepada 144 orang kontingen satgas FPU 4 Minusca yang terdiri dari 126 orang FPU dan 18 orang individual police officer (IPO) dalam keadaan sehat," kata Agus saat membacakan pidato Kapolri di Rupatama Mabes Polri, Selasa, 26 September 2023.

BACA JUGA:Pemimpin Chechnya Bangga Anaknya Hajar Pembakar Al Quran

BACA JUGA:Anak Perwira TNI AU Tewas Terbakar di Pos Lanud Halim Perdanakusuma, Kapolres: Ada Sebilah Pisau

"Atas nama institusi Polri saya mengucapkan terimakasih san apresiasi seting-tingginya atas pengabdian terbaik yang rekan-rekan tunjukkan di kancah international," sambungnya.

Jenderal bintang tiga itu menjelaskan, kontingen FPU 4 Minusca berjumlah 158 orang. Sebanyak 144 orang sudah kembali ke Tanah Air dalam keadaan sehat dan 14 personel lainnya masih berada di Afrika Tengah.

Menurut Agus, para pasukan perdamaian dunia Garuda Bhayangkara Polri ini ikut melaksanakan ketertiban dunia, menjalankan komitmen Polri yang merupakan amanat dari pembukaan UU Dasar 1945

"Komitmen ini senantiasa diwujudkan melalui partisipasi dan kontribusi aktif Indonesia dalam misi pemeliharaan perdamaian dunia PBB," ujarnya.

BACA JUGA:Pengakuan Penemu Jasad Ajudan Kapolda Kaltara, Kabid Humas: Senjatanya Terbungkus Kain

BACA JUGA:Cupi Cupita Jalani Pemeriksaan Atas Dugaan Promosi Judi Online Hari Ini di Bareskrim

Dalam amanatnya, Agus juga menyampaikan apresiasi dari Presiden Jokowi atas keterlibatan Polri dalam menjaga perdamaian dunia. 

"Bapak Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa Indonesia bangga berkontribusi terhadap perdamaian dan keamanan dunia. Misi pemeliharaan perdamaian adalah mandat dari konstitusi Indonesia sebagai manifestasi kontribusi Indonesia ke dunia untuk menciptakan reputasi negara dan bangsa yang baik," ungkap Agus.

"Pada kesempatan yang baik ini pula, negara memberikan penghargaan Satyalancana Bakti Buana kepada para peacekeeper Polri yang telah menunjukkan disiplin dan tanggung jawab tinggi serta berjasa dalam melaksanakan tugas kepolisian internasional di luar negeri," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: