INACRAFT 2023 Dibuka Presiden, UMKM Binaan PLN dari Papua Hingga Sumatra Dibanjiri Pembeli!

INACRAFT 2023 Dibuka Presiden, UMKM Binaan PLN dari Papua Hingga Sumatra Dibanjiri Pembeli!

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat melakukan prosesi pembukaan gelaran Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu 4 Oktober, didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Koperas-pln-

PLN membawa UMKM binaan terbaik dari Papua hingga Sumatra untuk mendukung acara ini sekaligus memberikan sarana bagi para UMKM untuk dapat memasarkan dan mengembangkan produknya. 

BACA JUGA:PLN Dinilai Terdepan Dalam Transisi Energi

BACA JUGA:Panas Bumi, Andalan PLN Untuk Backbone Sistem Kelistrikan Masa Depan

"Kami di PLN berkomitmen tidak hanya memberikan pasokan listrik yang adil dan andal bagi seluruh masyarakat, tetapi juga berkontribusi langsung kepada masyarakat lewat pendampingan UMKM sebagai tulang punggung pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Darmawan.

Sejalan dengan program pemerintah, PLN terus mendukung kemajuan UMKM di Indonesia melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yaitu Program Pengembangan UMKM yang sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan nomor delapan yaitu Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan, Kesempatan Kerja yang Produktif dan Menyeluruh, serta Pekerjaan yang Layak untuk Semua.

Untuk itu PLN juga menjalankan program sesuai arahan Kementerian BUMN yang selaras dengan tujuan perusahaan melalui pengembangan Rumah BUMN sebagai wadah pembinaan UMKM dan Basecamp Milenial untuk pengembangan enterpreneurship anak-anak muda. 

Sebanyak 82 jenis produk hasil kerajinan tangan terbaik dari 29 UMKM PLN dipamerkan dalam 2 booth, yaitu booth khusus PLN dan booth Paviliun Kementerian BUMN. 

BACA JUGA:Pemerintah Luncurkan Kemudahan Perizinan Berusaha SPKLU PLN Melalui OSS yang Terintegrasi AMDALNET

BACA JUGA:Komisi VI DPR RI Dukung Usulan PMN PLN untuk Program Listrik Desa

"Langkah kami diharapkan dapat memperluas peluang bisnis UMKM binaan di kancah nasional maupun nternasional dan meningkatkan pendapatan mereka, hingga pada akhirnya turut memperkuat perekonomian di daerah asal UMKM tersebut," kata Darmawan.

Di satu sisi, upaya ini juga dalam mendukung kampanye Bangga Buatan Indonesia yang dicetuskan pemerintah. Pendampingan yang dilakukan PLN bisa menjadi katalisator dalam pertumbuhan ekonomi masa depan.

"PLN juga ingin menumbuhkan rasa cinta akan produk dalam negeri kepada generasi muda serta menunjukkan bahwa kualitas produk dalam negeri juga tidak kalah saing dengan produk dari luar negeri," tegas Darmawan.

Hingga September 2023, PLN telah memiliki lebih dari 3.000 mitra binaan UMKM di seluruh Indonesia. 

Di mana pada tahun ini tercatat 121 UMKM sudah berhasil naik kelas lewat pendampingan PLN, bahkan 12 UMKM mampu menembus pasar ekspor go global.

Selain itu, PLN juga telah menyediakan fitur marketplace pada aplikasi PLN Mobile sebagai wadah pemasaran online bagi para UMKM dengan potensi sebanyak 44 juta pengguna. Hingga saat ini, sekitar lebih dari 4 ribu UMKM telah tergabung kedalam fitur_marketplace._

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: