INACRAFT 2023 Dibuka Presiden, UMKM Binaan PLN dari Papua Hingga Sumatra Dibanjiri Pembeli!

INACRAFT 2023 Dibuka Presiden, UMKM Binaan PLN dari Papua Hingga Sumatra Dibanjiri Pembeli!

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat melakukan prosesi pembukaan gelaran Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu 4 Oktober, didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Koperas-pln-

JAKARTA, DISWAY.ID - Gelaran Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2023 resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta Convention Center (JCC) Rabu 4 Oktober.

PT PLN (Persero) mendukung penuh acara tahunan dikalangan pengrajin handicraft dan pemerhati bidang kerajinan ini dengan menghadirkan UMKM binaan terbaik dari Papua hingga Sumatra, pada hari pertama booth PLN dibanjiri pembeli dan berhasil mencatatkan transaksi sebesar Rp 36 juta.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi melihat kualitas dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) saat ini mengalami pertumbuhan yang siginifikan. 

Lewat INACRAFT, Presiden berharap lebih banyak keterlibatan anak muda untuk bisa meningkatkan kreatifitas dan inovasi karya.

BACA JUGA:Pesan dari Mentan Syahrul Yasin Limpo Saat Mendatangi Kementerian Pertanian

BACA JUGA:Mentan Syahrul Yasin Limpo Datangi PMJ, Langsung ke Gedung Promoter

"Saya melihat dari tahun ke tahun pameran INACRAFT ini semakin baik dan semakin menarik," terang Jokowi.

"Sebagai salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara, INACRAFT memberikan ruang khusus untuk anak-anak muda, Youthpreneur untuk menampilkan karya inisiatifnya. Ini sebuah inisiatif yang baik karena potensi kreatif anak anak muda kita sangatlah besar," tambah Jokowi.

Ketua Umum Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) Muchsin Ridjan selaku penyelenggara menjelaskan pada INACRAFT tahun ini mengambil tema Youth Creative Collaboration. 

BACA JUGA:Jadwal Pameran Inacraft on October 2023 Hari Kedua, Ada Pertunjukan Musik Hingga Bedah Buku

BACA JUGA:Jokowi Minta TNI Prioritaskan Alutsista Buatan Dalam Negeri

Mengunggulkan hasil karya anak muda, diharapkan INACRAFT menjadi medium yang baik untuk mengakselerasi pertumbuhan UMKM dan keterlibatan kelompok muda.

"Pakem kebiasaan yang bisa bapak lihat dekorasi sederhana kemudian anak–anak muda kita menampilkan karya–karya. Mudah–mudahan INACRAFT membantu komunitas untuk mereka bisa bangkit," katanya.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan PLN siap menjalankan mandat dari Presiden untuk mengawal pertumbuhan UMKM di Indonesia, khususnya untuk UMKM muda yang menjadi tonggak masa depan bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: