Bogasari Makin Perluas Kerjasama dengan SMK Pusat Keunggulan

Bogasari Makin Perluas Kerjasama dengan SMK Pusat Keunggulan

Bogasari Makin Perluas Kerjasama dengan SMK Pusat Keunggulan-dok Bogasari-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Meski baru 1 tahun menjalankan program kegiatan SMK PK (Pusat Keunggulan) di SMKN 3 Sukabumi Jurusan Tata Boga, PT Indofood Sukses Makmur Tbk mulai memperluas kerja sama ke wilayah lainnya. 

Kali ini kerja sama SMK PK diilakukan dengan SMKN 3 Probolinggo, Jawa Timur untuk jurusan tata boga. Penandatanganan kerja sama SMK PK antara Bogasari dengan SMKN 3 Probolinggo berlangsung Kamis 5 Oktober 2023 di pabrik Bogasari, Tanjung Perak, Surabaya. 

BACA JUGA:Wow! Festival Bogasari Tembus 14 Ribu Pengunjung, Catatkan Total Transaksi Rp 193 Juta

“Ini merupakan komitmen dari Bogasari dalam mengembangkan kompetensi keahlian tertentu para siswa lulusan SMK sehingga tidak hanya siap bekerja di dunia usaha dan dunia industri (DUDI), tapi juga siap menjadi pelaku usaha atau startup,” ujar Anwar, Vice President (VP) Human Rersources (HR) Divisi Bogasari dalam keterangannya, Kamis 5 Oktober 2023.

“Kerja sama dengan SMK Negeri 3 Probolinggo ini dikhususkan untuk pengembangan kompetensi para siswa dan guru program keahlian kuliner yang akan berlangsung selama 1 tahun, sejak 1 Oktober 2023 sampai 31 Desember 2024,” tambahnya. 

Penandatanganan kerja sama SMK PK ini dilakukan oleh Anwar selaku VP HR Divisi Bogasari dan Adi Witono selaku Vice President Operations Bogasari pabrik Surabaya. 

BACA JUGA:KIAT Bogasari 2023, Siap Bawa Ratusan UKM Naik Kelas dengan Kekuatan Merek

Sedangkan dari pihak SMK diwakili Kepala Sekolah SMKN 3 Probolinggo Atim Sucianah, M.Pd. Sebelum dilakukan penandatanganan MoU, sebanyak 5 guru dan 3 siswa SMKN yang hadir diajak melihat langsung proses produksi dan dermaga Bogasari. 

Usai penandatanganan diajak meninjau area pelatihan Bogasari Baking Center (BBC) tempat para guru dan siswa belajar. 

Menurut Anwar, dari hasil evaluasi kerja sama SMK PK dengan SMKN 3 Sukabumi yang ditandatangani September 2022 lalu, sangat besar dampaknya terhadap perkembangan siswa dan guru khususnya kegiatan Teaching Factory (TEFA) Cullinary. 


Bogasari Perluas Kerja Sama SMK Pusat Keunggulan -dok Bogasari-

Tidak hanya kompetensi siswa dan guru yang bertambah, tapi sampai pada peningkatan usaha TEFA Cullinary SMKN 3 Sukabumi. 

Contoh nyata adalah peningkatan 2 kali lipat penjualan aneka kue kering yakni menjadi 3 ribu toples lebih dengan nilai omset Rp 300 juta lebih. 

Dibandingkan sebelum ada kerja sama SMK PK dengan Bogasari, produksi SMKN 3 Sukabumi hanya 1.600 toples di tahun 2022 dan 1.400 toples tahun 2021 dengan omset di angka Rp 100 juta lebih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: