Status Kasus Pemerasan Pimpinan KPK Naik Penyidikan, Polda Metro akan Segera Gelar Perkara!

Status Kasus Pemerasan Pimpinan KPK Naik Penyidikan, Polda Metro akan Segera Gelar Perkara!

Ketua KPK, Firli Bahuri dan Danpuspom TNI Marsekal Muda TNI Agung Handoko-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Status kasus pemerasan pimpinan komisi pemberantasan korupsi (KPK) kini naik penyidikan di Polda Metro Jaya.

Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan pihaknya telah mengumpulkan bukti-bukti di kasus tersebut.

Nantinya, kasus yang dilaporkan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo tersebut akan segera gelar perkara untuk menentukan siapa tersangkanya.

BACA JUGA:Pimpinan KPK Diduga Peras Syahrul Yasin Limpo, Polisi Selidiki Foto Firli Bahuri Bertemu SYL

"Jadi sebagaimana yang telah saya sampaikan di awal bahwa tindakan penyidikan yang nanti dilakukan tim penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya adalah untuk mencari dan mengumpulkan bukti yang dengan bukti itu akan membuat terang tindak pidana dan menemukan tersangkanya," beber , Sabtu, 7 Oktober 2023.

Ade menjelaskan, salah satu pendalaman yang akan dilakukan penyidik adalah beredarnya foto pertemuan Ketua KPK Firli Bahuri dengan Syahrul Limpo.

Namun dirinya belum memastikan apakah pertemuan Firli dan SYL ada dugaan tindak pemerasan.

BACA JUGA:Kasus SYL Diduga Diperas Pimpinan KPK Naik Penyidikan, Polda Metro Periksa 6 Saksi

"Ini masuk dalam materi penyidikan yang akan kami gali dan akan kami cari buktinya untuk membuat terang tindak pidana yang terjadi," tegasnya.

Ia menjelaskan, penyidik Polda Metro akan menerapkan Pasal 65 Juncto Pasal 36 UU KPK terkait larangan insan KPK yang bertemu dengan pihak yang sedang beperkara.

"Terkait adanya larangan untuk berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan pihak tersangka atau pihak lain yang terkait dalam penanagan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh KPK dengan alasan apapun," terang Ade sembari membaca isi pasal tersebut.

BACA JUGA:Pimpinan KPK Diduga Peras Syahrul Yasin Limpo, Polisi Selidiki Foto Firli Bahuri Bertemu SYL

Sosok Terlapor Masih Rahasia

Sayangnya, kata Ade, Polda Metro belum akan merilis siapa pihak terlapor dalam kasus pemerasan pimpinan KPK terhadap Syahrul Limpo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: