Ayatollah Ali Khamenei Bantah Iran Ikut Terlibat dalam Serangan Hamas ke Israel

Ayatollah Ali Khamenei Bantah Iran Ikut Terlibat dalam Serangan Hamas ke Israel

Ayatollah Ali Khamenei-ilustrasi-dw.com

JAKARTA, DISWAY.ID - Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, secara tegas membantah keterlibatan Iran dalam serangan yang diluncurkan oleh milisi Palestina, Hamas, ke Israel akhir pekan lalu. Dalam pidatonya di sebuah akademi militer, Khamenei membantah klaim yang menyebutkan bahwa Iran berada di balik serangan tersebut.

"Para pendukung rezim Zionis (Israel) dan beberapa orang di rezim perampas telah menyebarkan desas-desus selama dua atau tiga hari terakhir, termasuk bahwa Iran berada di balik tindakan ini. Mereka salah," kata Khamenei seperti yang dilaporkan oleh AFP pada Selasa, 10 Oktober 2023.

BACA JUGA:Kembali Terpilih Sebagai Anggota Dewan HAM PBB, Indonesia Bakal Usung Misi Besar Ini

Dalam pidatonya yang disiarkan di televisi Iran, Khamenei menegaskan bahwa Iran tidak terlibat dalam serangan yang dilakukan oleh Hamas. Meskipun demikian, ia memuji serangan tersebut karena berhasil menghancurkan militer dan intelijen Israel hingga "tidak bisa diperbaiki."

"Kami menghormati mereka yang merencanakan serangan terhadap rezim Zionis," ujar Khamenei, seperti yang dikutip oleh Reuters.

Khamenei menyatakan bahwa serangan tersebut telah merusak infrastruktur penting di Israel yang sulit untuk diperbaiki. Ia juga menyalahkan tindakan Israel sebagai penyebab bencana ini.

BACA JUGA:KPU Optimis Pemilu 2024 Berjalan Damai

Pernyataan Khamenei ini muncul setelah Iran dituding memberikan dukungan kepada milisi Hamas dalam serangan tak terduga terhadap Israel pada Sabtu 7 Oktober 2023 lalu. 

Namun, Hamas sendiri telah membantah bahwa Iran berada di balik serangan tersebut, dan mereka mengklaim bahwa rencana serangan ini hanya melibatkan segelintir petinggi Hamas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: