KPU Optimis Pemilu 2024 Berjalan Damai

KPU Optimis Pemilu 2024 Berjalan Damai

Ketua KPU, Hasyim Asy’ari-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari optimis Pemilu 2024 akan berjalan damai.

"Jadi urusan Pemilu jadi damai atau tidak ya tergantung komitmen kita dan cara pandang kita. Kalau kita optimis pemilu kita akan berjalan damai maka akan damai. InsyaAllah akan damai," ujar Hasyim kepada wartawan, Kamis, 12 Oktober 2023.

Hasyim membeberkan beberapa alasan yang mendasarinya, diantaranya tidak dilaksanakannya pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 2022 dan 2023. 

BACA JUGA:KPU Sebut PKPU Soal Batas Usia Capres-Cawapres Masih Bisa Diubah Usai Putusan MK

"Sehingga situasi conflicting-nya hampir dikatakan tidak ada dalam konteks kompetisi dalam pilkada-pilkada. Sehingga memasuki tahapan-tahapan Pemilu 2024 yang dimulai dari 2022, setidaknya ketegangan yang sifatnya konflik dan kompetisi dalam pilkada itu tidak ada," jelas Hasyim.

"Istilahnya jadi faktor yang juga memengaruhi situasi sepanjang tahapan 2024 atau nanti ketika kita memasuki tahapan 2024," lanjut dia.

Hasyim menjelaskan, sekitar 20 Maret 2024 nanti akan diumumkan para pemenang legislatif untuk DPRD Provinsi, Kota dan Kabupaten.

BACA JUGA:Daerah Paling Rawan Politisasi SARA Jelang Pemilu 2024, Bawaslu: Kerap Menyebar Isu Hoax

"Itu akan dijadikan modal untuk pencalonan kepala daerah. Karena sama-sama menunggu hasil suaranya di DPRD berapa yang akan dijadikan modal untuk syarat pencalonan pilkada sehingga sangat mungkin situasinya terjadi sekarang sedang sebagai lawan atau kompetitor, tapi dalam situasi yang lain, bisa jadi menjadi kawan dalam suatu koalisi," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: