Beri Peringatan ke Iran, AS Kerahkan Jet Tempur dan Kapal Induk ke Kawasan Timur Tengah

Beri Peringatan ke Iran, AS Kerahkan Jet Tempur dan Kapal Induk ke Kawasan Timur Tengah

Amerika Serikat mengerahan jet tempur F-15E dan jet serangan darat A-10 ke kawasan Timur Tengah-Twitter/@GerryS-Berbagai sumber

JAKARTA, DISWAY.ID - Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) mengerahan jet tempur F-15E dan jet serangan darat A-10 ke kawasan Timur Tengah pada Sabtu 14 Oktober 2-23 waktu setempat.

Komandan Angkatan Udara ke-9 AS, Letjen Alexus Grynkewich mengatakan, A-10 bakal bergabung dengan skuadron pesawat lain yang sudah berada di wilayah tersebut.

"Dengan menempatkan pesawat tempur canggih dan berintegrasi dengan pasukan gabungan dan koalisi, kami memperkuat kemitraan kami dan memperkuat keamanan di kawasan ini," kata Grynkewich dalam pernyataannya lewat media sosial, mengutip CNN pada Minggu 15 Oktober 2023.

BACA JUGA:Tak Gratis Lagi, Harga Tiket Kereta Cepat Whoosh Dipatok Rp300 Ribu, Yang Terlanjur Pesan untuk Oktober Bagiamana?

Sellain itu, Amerika Serikat juga kembali mengerahkan kapal induknya ke Laut Mediterania Timur.

Pengerahan kapal induk kedua ini bertujuan untuk mencegah Iran dan Hizbullah ikut dalam pertempuran antara Israel lawan Hamas di Palestina.

"Kapal induk ini tidak ditujukan untuk ikut bertempur di Gaza atau mengambil bagian dalam operasi Israel," kata Seorang pejabat AS.

BACA JUGA:Meningkat 4 Kali Lipat, Kasus Karhutla Januari - September 2023 Tembus 800 Ribu Hektare

Pejabat itu juga memastikan, bahwa kehadiran dua kapal Induk AS hanya untuk mengirimkan peringatan terhadap Iran dan sekutunya di wilayah tersebut seperti Hizbullah di Lebanon.

Kapal induk pertama, USS Gerald R. Ford telah tiba di lepas pantai Israel awal pekan ini.

Sementara kapal induk USS Dwight D. Eisenhower yang dikerahkan pada Jumat dari Norfolk, Virginia, tengah menuju ke Mediterania Timur.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: