Kompak! Angkutan Massal di Jabodetabek Sepakat Terapkan Sistem Satu Matrix

Kompak! Angkutan Massal di Jabodetabek Sepakat Terapkan Sistem Satu Matrix

Kompak! Angkutan Massal di Jabodetabek Sepakat Terapkan Sistem Satu Matrix-Kemenhub-

"Pertukaran Data dan Informasi Perjalanan Penumpang Angkutan Massal ini merupakan elemen penting untuk mewujudkan data informasi pergerakan yang terintegrasi," ujar Setia.

BACA JUGA:Kok Bisa, 4 Dump Truk Angkutan Sampah Hilang, Inspektorat Kota Serang Bertindak

"Harapannya, program ataupun kebijakan yang dibuat dapat tepat sasaran dan sesuai kebutuhan masyarakat dan pada akhirnya akan semakin banyak masyarakat yang beralih (shifting) kepada transportasi umum massal perkotaan dan meninggalkan penggunaan kendaraan pribadi untuk mobilitas keseharian," jelasnya.

Dengan dukungan dari Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta yang menyediakan data MRT Jakarta, LRT Jakarta, Transjakarta, dan Jaklingko, serta PT KCI yang menyediakan data commuter line dan Perum DAMRI yang menyediakan data Transjabodetabek.

BACA JUGA:Penumpang Angkutan Umum Jelang Lebaran 2023 Melonjak, Pergerakan Mobil Pribadi Landai

Saat ini sistem Satu Matrix BPTJ telah siap dimanfaatkan oleh semua stakeholder sebagai bahan perumusan strategi dan kebijakan peningkatan layanan angkutan umum di wilayah Jabodetabek.

Diharapkan kedepannya akan semakin banyak institusi yang turut bergabung sehingga akan didapatkan gambaran lengkap pergerakan orang di Jabodetabek.

Untuk diketahui, penandatangan kesepakatan bersama penyediaan data dan informasi perjalanan penumpang angkutan massal di wilayah Jabodetabek telah dilakukan antara BPTJ dengan Perusahaan Umum DAMRI, PT Kereta Commuter Indonesia, dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta pada 12 Oktober 2023 lalu di Jakarta.

Penandatanganan kesepakatan bersama itu ditandatangani oleh Plt Kepala BPTJ Agung Raharjo, Direktur Utama Perum DAMRI Setia N Milatia Moemin, Wakil Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syarifudin, dan Direktur Operasi dan Pemasaran PT Kereta Commuter Indonesia Broer Rizal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: