Profil Erick Thohir, Sosok Kuat Bakal Calon Cawapres Prabowo Subianto di Pemilu 2024

Profil Erick Thohir, Sosok Kuat Bakal Calon Cawapres Prabowo Subianto di Pemilu 2024

NAMA Erick Thohir makin kuat disebut jadi bacawapres Prabowo-Oxford United-Berbagai sumber

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri BUMN Erick Thohir diisukan bakal menjadi cawapres dari Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 mendatang.

Profil Singkat Erick Thohir

Erick Thohir adalah seorang pengusaha dan tokoh di bidang olahraga yang saat ini memiliki posisi penting dalam politik. 

Dilansir dari laman bumn.go.id, Erick Thohir merupakan putra dari pengusaha Teddy Thohir, yang memiliki peran besar dalam pertumbuhan Astra International. Sementara Teddy Thohir berdarah Lampung, ibunda Erick Thohir memiliki keturunan Sunda-Tionghoa.

Pendidikan

Sebelum membangun karirnya, Erick Thohir menempuh pendidikan S-1 di Glendale Community College. 

Setelah lulus, ia melanjutkan studi S-2 di California National University dan meraih gelar magister sebagai Master of Business Administration. Pada tahun 2023, Erick Thohir dianugerahi gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) dalam bidang Manajemen Strategi dari Universitas Brawijaya.

Bisnis di Media

Sebelum terlibat dalam politik, Erick Thohir terlibat dalam bisnis media. Ia mendirikan Mahaka Group, sebuah perusahaan media, bersama sejumlah rekannya di kampus. 

Mahaka Group kemudian mengakuisisi Republika pada tahun 2001, saat koran harian yang menargetkan pembaca Muslim hampir bangkrut. 

Di bawah kepemilikan Erick Thohir, PT Abdi Bangsa berubah nama menjadi PT Mahaka Media Tbk, dan Republika dikelola oleh PT Republika Media Mandiri.

Setelah mengakuisisi Republika, bisnis Mahaka Group berkembang dengan mendirikan Mahaka Advertising, JakTV (bersama Artha Graha), dan beberapa stasiun radio seperti Gen FM, Jak FM, Hot FM, Mustang FM, Kis FM, dan Most FM.

Pada tahun 2007, Erick Thohir diangkat sebagai Direktur Utama PT Lativi Mediakarya (Lativi), yang kemudian berganti nama menjadi tvOne pada 14 Februari 2008. 

Dalam waktu singkat setelah perubahan nama, tvOne menjadi stasiun TV spesialis berita dan olahraga nomor satu di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: