Massa RI2 Desak KPK Segera Tetapkan Tersangka Korupsi Proyek Pemkab Lamongan

Massa RI2 Desak KPK Segera Tetapkan Tersangka Korupsi Proyek Pemkab Lamongan

Massa RI2 melakukan aksi di depan gedung KPK, Jumat 20 Oktober 2023, menuntut KPK segera tetapkan tersangka korupsi Pemkab Lamongan-disway.id-

JAKARTA, DISWAY.ID- Sejumlah massa mengatasnamakan Rumah Inspirasi Indonesia (RI2) melakukan aksi di depan gedung merah putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Aksi tersebut untuk mendesak KPK segera menetapkan tersangka kasus korupsi proyek pembangunan di Pemerintah Kabupaten Lamongan.

KPK diketahui tengah melakukan pemeriksaan terhadap Bupati Lamongan Yuhronur Effendi terkait korupsi proyek pembangunan Pemerintah Kabupaten Lamongan.

BACA JUGA:Kapolda Metro Jaya Akan Periksa Ketua KPK Firli Bahuri

"Kami apresiasi langkah KPK dengan memanggil dan memeriksa sejumlah saksi dari Bupati Lamongan Yuhronur Effendi hingga Ketua DPRD Lamongan," ujar Koordinator Aksi Adam Rumbaru di Jakarta, Jumat 20 Oktober 2023. 

Lembaga antirasuah diketahui memeriksa kembali Bupati Lamongan Yuhronur Efendi di gedung merah putih, Kamis 19 Oktober 2023. 

Upaya penyidikan tersebut, guna mengungkap dugaan korupsi pada proyek pembangunan gedung Pemkab Lamongan.

BACA JUGA:45 Saksi Diperiksa Dugaan Pemerasan Syahrul Yasin Limpo oleh Pimpinan KPK

"Hari ini bertempat di gedung Merah Putih KPK, Tim Penyidik menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan saksi Bupati Lamongan Yuhronur Effendi," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis 19 Oktober 2023. 

Adam menegaskan, RI2 mensinyalir proyek yang diduga menjadi objek korupsi telah merugikan keuangan negara. 

Namun, dia menyayangkan hingga hari ini, KPK belum menetapkan para tersangka pada proyek yang menggunakan anggaran APBD 2017-2019 tersebut.

BACA JUGA:Usut Kasus Korupsi di PT Timah, Kejagung Geledah 3 Lokasi

"Kami mendukung langkah KPK dan kami minta KPK segera menetapkan para tersangka pada kasus dugaan korupsi proyek gedung Pemkab Lamongan. KPK harus lebih berani, tegas dan transparan mengungkapkan semua pelaku pada kasus dugaan korupsi di Lamongan itu," tegas Adam.

"Kami yakin KPK bisa menjadi lembaga independen yang berwibawa pada setiap pengungkapan kasus korupsi di Tanah Air," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: