Jubir Menhan : Pak Prabowo Belum Daftar Capres karena Administrasi

Jubir Menhan : Pak Prabowo Belum Daftar Capres karena Administrasi

Dalam waktu dekat, Koalisi Indonesia Maju (KIM) mengumumkan ketua dari tim pemenangan nasional Prabowo Subianto untuk melaju dalam Piplres 2024. -Sahirol Layeli/HARIAN DISWAY-

JAKARTA, DISWAY.ID-Juru Bicara (Jubir) Menhan RI Dahnil Anzar Simanjuntak membeberkan alasan Prabowo Subianto, belum melayangkan surat pendaftaran capres-cawapres kepada KPU RI. 

Menurut Jubir Menhan, salah satu alasannya, terkait administrasi surat cuti yang diajukan Prabowo kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dahnil mengatakan, surat cuti Prabowo dari Presiden Jokowi baru keluar hari ini. Prabowo diungkapkannya, mengajukan dua surat kepada Presiden Jokowi pada 18 Oktober 2023.

BACA JUGA:Usung Prabowo - Gibran, Airlangga Bicara Sejarah Sutan Sjahrir

"18 Oktober, Pak Prabowo menyampaikan dua surat kepada Presiden Jokowi, pertama, surat permohonan izin ikut proses Pilpres 2024."

"Sebagai calon presiden, kedua, surat permohonan izin cuti ikut proses pendaftaran capres dan cawapres," kata Dahnil dalam keterangan persnya kepada wartawan, Sabtu 21 Oktober 2023. 

Karena proses birokrasi tersebut, Dahnil mengungkapkan, membuat Prabowo tidak bisa melayangkan surat pendaftaran lebih awal ke KPU.

Karena, Prabowo tidak ingin mengganggu ritme kinerjanya di pemerintahan.

BACA JUGA:Prabowo Subianto Belum Info Daftar Capres - Cawapres, KPU : Harus Beri Informasi Maksimal H-1

"Itulah mengapa proses pengumuman cawapres Pak Prabowo Subianto tidak duluan dibanding capres lainnya. Karena Pak Prabowo menjaga etika beliau sebagai bawahan atau menteri," ucap Dahnil.

Lanjutnya, Dahnil menuturkan, surat permohonan izin cuti itu telah disetujui Presiden Jokowi. Kepastian tersebut, dikeluarkan melalui Mensesneg Pratikno.

"Alhamdullilah hari ini surat izin dari Presiden melalui Mensesneg sudah keluar. Dua izin sekaligus, izin ikut proses pilpres dan izin cuti proses pendaftaran capres dan cawapres," ujar Dahnil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: