Bikin Syok, Lowongan Kerja di Jerman tak Serumit di Indonesia dan Lebih Memanusiakan Pekerja

Bikin Syok, Lowongan Kerja di Jerman tak Serumit di Indonesia dan Lebih Memanusiakan Pekerja

Ilustrasi pekerja wanita di Jerman-Germany Visa-

JAKARTA, DISWAY.ID - Permasalahan ketenagakerjaan terutama syarat dalam lowongan kerja di Indonesia seringkali dinilai tak memiliki relevansi dengan dunia kerja. 

Seperti yang kerap tertera dalam lowongan pekerjaan, syarat yang begitu rinci hingga menyinggung permasalahan privasi masih menjadi syarat mutlak bagi sejumlah perusahaan. 

BACA JUGA:Studi ke Jerman, Bagaimana Triknya? Ini yang Dilakukan 7 Alumni Pesantren Bina Insan Mulia

BACA JUGA:Intip Kecanggihan Drone UAV Heron yang Dipinjam Israel ke Jerman Untuk Serang Gaza

Persyaratan yang biasa ada dalam lowongan kerja, mulai dari maksimal umur pelamar 30 tahun hingga jenis kelamin wajib laki-laki, belum menikah hingga lain sebagainya.

Namun, hal-hal yang lazim dicantumkan dalamo lowongan pekerjaan di Indonesia menjadi hal yang terlarang di negara Jerman. 

Khusus di Jerman, perusahaan yang mencantumkan syarat lowongan kerja seperti demikian dapat dipidana dengan dalih diskriminasi loh.

BACA JUGA:Mau Cairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Perlu Resign? Bisa Banget, Ikuti Langkah-langkah Ini

BACA JUGA:Menaker: Program BSU Rp 600 Ribu Dana dari Pemerintah, Bukan Uang Pekerja di BPJS Ketenagakerjaan

Hal itu pula yang dipaparkan oleh akun TikTok @akasa.dinarga, seorang diaspora Indonesia yang tinggal di Jerman. Ia banyak membagikan pengamalan dunia kerja di Jerman dan menjadi salah satu negara yang sudah bebas dari diskriminasi.

"Membeda-bedakan perlakuan kepada seseorang berdasarkan warna kulit, golongan, atau suku di Jerman adalah perubuatan ilegal. Terutama jika perbedaan tersebut dituliskan sebagai syarat lowongan kerja," kata Akasa Dinarga dalam salah satu kontennya di TikTok dikutip Disway.id, Senin 23 Oktober 2023.

Akasa mengatakan, bahwa Jerman memiliki undang-undang yang tegas untuk mengatur tentang diskriminasi di lingkungan pekerjaan.

BACA JUGA:Profil Claudia Scheunemann, Gadis Blasteran Jerman, Bintang Masa Depan Sepakbola Putri Indonesia

BACA JUGA:Demi Sepakbola Indonesia Lebih Baik, Erick Thohir 'Berguru' ke Jerman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: