Jokowi Ungkap Jalan Tol Terbangun Baru 2.800 Km: RRT Sudah Memiliki 280 Ribu Kilometer

Jokowi Ungkap Jalan Tol Terbangun Baru 2.800 Km: RRT Sudah Memiliki 280 Ribu Kilometer

Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Indralaya-Prabumulih di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis 26 Oktober 2023.-Tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan Indonesia hingga saat ini telah memiliki jalan tol atau yang terbangun mencapai 2.800 Kilometer (Km).

Jalan tol meliputi sepanjang 2.040 kilometer yang dibangun pada masa pemerintahan Jokowi, sisanya yakni 780 Km dibangun pada pemerintahan sebelumnya.

Meski memiliki jalan tol sepanjang tersebut, masih sangat jauh untuk dapat bersaing dengan negara lain, seperti Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

BACA JUGA:Kondisi Prabowo-Gibran Sebelum Jalani Tes Kesehatan di RSPAD

BACA JUGA:Firli dan Ketua RT Disebut Ikut Saksikan Penggeledahan

“RRT sudah memiliki 280 ribu kilometer, kita 2.800 (kilometer) di sana 280 ribu kilometer, betapa masih sangat jauhnya daya saing kita, competitiveness kita,” ujarnya.

Demikian diungkapkan Presiden Jokowi seusai meresmikan Jalan Tol Indralaya dan Jalan Layang Patih Galum di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Kamis 26 Oktober 2023.  

Dengan kondisi daya saing itu, Jokowi menekankan bahwa pembangunan infrastruktur Indonesia harus terus ditingkatkan.

Selanjutnya, daya saing Indonesia akan menjadi semakin meningkat dibanding negara lain.

“Itu yang ingin kita kejar, agar kita bisa bersaing dengan negara-negara lain. Stok infrastruktur kita harus terus kita tingkatkan, bisa dengan jalan APBN, bisa dibangun BUMN, bisa dibangun swasta, tiga-tiganya paralel kita kerjakan,” ujarnya.

BACA JUGA:Rumah Ketua KPK Firli Bahuri Digeledah Penyidik Ditkrimsus PMJ

BACA JUGA:Setelah Foto Luhut Binsar Pandjaitan Terbaring dan Pakai Alat Bantu Pernafasan Beredar, Terungkap Kondisi Terbaru di RS Singapura

Sedangkan di Pulau Sumatera, Pemerintah berencana membangun Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.800 kilometer, termasuk untuk tulang punggung atau "backbone" JTTS sepanjang 1.800

Dengan keberadaan jalan tol, nantinya waktu tempuh dari Palembang-Lampung menjadi lebih singkat, yakni sekitar 3,5 jam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: