Gibran Birokrasi

Gibran Birokrasi

Gesture Megawati seperti tepis tangan Jokowi usai turun dari panggung-Foto/Tangkapan Layar/Instagram-

KALIMAT sejuk ini rasanya seperti boba di kala dahaga. Apalagi Megawati Soekarnoputri yang mengucapkannya.

''PDI-Perjuangan akan mengawal Presiden Jokowi sampai akhir masa jabatan''. Bukan main sejuk di tenggorokan yang lagi panas karena terteguk spirtus.

Itulah ucapan negarawan tertinggi di lima tahun terakhir ini. Sekaligus itu seperti menutup luka parah sebelumnya. Yang diucapkan oleh tokoh yang sama: Presiden Jokowi hanyalah petugas partai.

Karena itu tempat duduknya pun harus seperti petugas. Terutama ketika di depan ketua umum partai. Seperti yang viral di medsos itu.

Jaminan kawalan sampai akhir masa jabatan itu membuat negara bisa tenang. Isu penggulingan Jokowi di tengah jalan memang sempat mendidih. Uapnya sudah menyembur ke mana-mana. Podcast Abraham Samad dengan Eep Saifullah Fatah juga membahas soal ini. Abraham adalah ketua KPK yang "tergalak". Kang Eep adalah tokoh jejak pendapat yang punya reputasi tinggi.

Kekuatan Jokowi di parlemen dinilai sudah menipis. Jokowi dalam bahaya. Kalau suara PDI-Perjuangan bergabung dengan suara di kubu Anies-Muhaimin hanya kurang dua persen saja. Itu bisa didapat dari tiga-empat suara mbalelo di kubu Prabowo-Gibran. Usaha menjatuhkan Jokowi, lewat parlemen, bisa berhasil. Apalagi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan sudah agak lama absen: menjalani perawatan fisioterapi di luar negeri.

Usaha itu memang bisa berhasil. Tapi prosesnya akan sangat gaduh. Seru. Keras. Brutal. Rakyat yang akhirnya dirugikan. Secara ekonomi.

Politisi yang diuntungkan. Secara emosi.

Iklim usaha pun bisa memasuki el nino. Padahal tanpa el nino itu pun ekspansi usaha sudah praktis berhenti.

Setahun ke depan para pengusaha akan lebih banyak jalan-jalan. Terutama ke luar negeri. Mereka tidak mau terkena gempa. Apalagi gempa 15 skala Richter.

Setahun ke depan adalah setahun wait and see. Itu istilah yang populer di kalangan mereka.

Satu kalimat dari Megawati itu juga bisa membuat pemerintah tidak lumpuh. Di tahun terakhir masa jabatan kedua seorang presiden sangat sulit. Sudah ibarat ''kerbau hidup yang sudah tidak bisa berjalan''. Aslinya, dalam istilah asing, kata ''kerbau'' itu  ''bebek''. Kita sudah terlalu banyak punya bebek. Lebih baik diganti kerbau, yang kian langka.

Ada penyebab utama ''kerbau hidup'' itu tidak bisa lagi berjalan: loyonya birokrasi di dalam pemerintahan itu sendiri.

Mereka tahu atasan mereka tidak akan lagi berkuasa. Tahun depan. Pelindung mereka akan pergi. Backing mereka tidak ada lagi. Untuk apa ngotot bersemangat. Pun kalau berprestasi. Atasan mereka sudah tidak sempat mencatat prestasi itu –apalagi memberikan penghargaan dalam bentuk karir.

Mereka sudah lebih sibuk lirik-sana-lirik-sini. Sambil sembunyi-sembunyi: cari cantolan baru.

Yang lebih melemahkan lagi: semua birokrasi akan lebih hati-hati. Tidak mau salah ambil keputusan. Tidak berani tanda tangan yang mengandung risiko.

Mereka juga lebih berani menolak perintah atasan. Setidaknya ngelesi. Muter-muter. Mungkin masih terlihat takut pada atasan tapi itu pura-pura. Gerak pun kian lambat.

Atasan memerintahkan A, bawahan pura-pura salah dengar. Capaian target bisa meleset.

Satu kalimat Megawati tersebut belum bisa membuat kerbau itu berjalan lagi.

Kalimat Megawati itu sangat menenangkan tapi belum bisa jadi cambuk untuk menggerakkan mereka. Tidak akan ada cambuk. Model apa pun. Siklus lame duck itu sudah seperti menjadi sunnatullah. Itulah salah satu kelemahan sistem demokrasi.

Apakah majunya Gibran ke gelanggang akan menjadi jaminan bahwa atasan mereka tidak akan berubah? Lalu merasa ''pelindung'' mereka akan tetap sama?

Tentu. Kalau Prabowo-Gibran menang. Dan mereka tetap kompak. Tidak ada yang berkhianat. Teguh pada janji.

Birokrasi punya wataknya sendiri.(Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 29 Oktober 2023: Lao God Bless

Pryadi Satriana
aGibran bukan 'people pleaser'. Justru Mahfud yg berperan sbg 'people pleaser' dg 'kasus pencucian uang 349T'! NDHAK ADA ITU! Mahfud aja yg "kemeruh" padahal gak becus baca data keuangan. Bu Sri Mulyani aja yg 'ewuh pakewuh' ndhak tega mengatakan PAK MAHFUD MD SALAH BACA DATA KEUANGAN! Salam. Rahayu.

Liáng - βιολί ζήτα
emang Mbah ngerti psychology dan neuropsychology ??

Pryadi Satriana
Lebih ngerti drpd Anda. Minat utama saya teologi, psikologi, dan sosiologi. Baru setelah itu linguistik. Salam. Rahayu.

Liáng - βιολί ζήτα
Pryadi Satriana : "Lebih ngerti drpd Anda. Minat utama saya teologi, psikologi, dan sosiologi. Baru setelah itu linguistik. Salam. Rahayu." Saya sangat TERKEJUT dengan pengakuan Pak Pryadi Satriana, bahwa "salah satu minat utama Pak Pry adalah psikologi" !! Pahamkah (Sadarkah) Pak Pry bahwa begitu banyak comments Pak Pry yang justru penyampaiannya bertentangan dengan psikologi, terutama comments mengenai masalahnya Pak D.I. ?? Orang yang "paham psikologi" sudah pasti akan menyampaikannya berdasarkan keilmuan yang terkait !!

Pryadi Satriana
'Background' Anda di MIPA, kuliah di Bandung. Paparan tentang selain MIPA yg jd 'background' Anda sekadar "tanya google". Jadi, nggak usahlah 'pretending to know more than you do' dalam "usaha Anda untuk menjadi 'people pleaser' -- yg menurut saya -- Anda lakukan tanpa disadari." Bukan begitu "Mr. People Pleaser"? Salam. Rahayu.

Liáng - βιολί ζήτα
hahahahaha... sok kenal, sok akrab... Mbah tahu apa... saya kuliah apa??

Gianto Kwee
Pak Pry, saran, Masuk saja ke ranah "Agnostik" mungkin lebih nyaman, salam 

Pryadi Satriana
Sy ndhak akan jd 'agnostic' krn SUDAH mengalami "hal2 mujizat" -- 'tabrakan banteng' ('head-on collision') dlm kecepatan > 80 km/jam sampai motor saya 'remek' tapi selamat, dan pernah kecelakaan dg benturan keras ke aspal sampai helm 'full face' pecah dari depan ke belakang namun masih dilindungi Allah -- shg tidak ada ruang utk agnostikme dalam hidup saya. Orang macam Liang ini sok teoritis & akademis nganggep dia aja yg banyak baca dan -- yg konyol -- kalau kemampuannya diragukan langsung "ngamuk" dan kolok'an, hi..hi.. Santuy aja, Bro Liang. Salam. Rahayu.

Liáng - βιολί ζήτα
Mbah Pry... Mbah Pry... hahahahaha... sesungguhnya Mbah telah mengungkapkan kebenaran atas perilaku Mbah sendiri... terima kasih atas keberanian Mbah mengakui kebobrokan diri sendiri... hahahahahahaha... 

Pryadi Satriana
Itu persepsi Anda. Hak Anda. I just 'call a spade a spade', ndhak sopan utk konteks budaya Timur -- bahkan bisa jg dianggap 'vulgar'. No problem with me, I do it on purpose. Orang seperti Pak DI susah "mendengar" orang lain, harus dibuat "ngamuk" dulu baru mikir: "Kenapa saya 'dietrek-etrek' sedemikian rupa ya?" Itu pun belum tentu berhasil. Setidaknya saya sdh berusaha mencoba. Salam. Rahayu.

Mirza Mirwan
Kalau tidak sedang takziah, mungkin saya tersenyum lebar, Bung Kliwon. Akhirnya hanya bisa tertawa ngakak dalam hati. Tapi benar, kok, lupa bernapas bisa hidup berakhir. Seperti tetangga saya ini. Usianya baru 43 tahun. Tetapi, eh, jatah umurnya memang segitu saja. Btw, lama gak nongol apa ada masalah dengan peternakan tuyulnya?

Kliwon
Ternyata emang benar sekali pesan orang bijak dari dahulu kala hingga kini. "Satu²nya kunci survive bertahan hidup adalah.., tidak lupa bernafas".

Saifudin Rohmaqèŕqqqààt
Olahraga paling sederhana. Bisa dilakukan dimana saja. Tanpa alat alat olahraga. Kapanpun anda punya waktu, anda pun bisa berolahraga. Sudah dilakukan sejak jaman dahulu. Dan akan dilakukan sampai waktu yg akan datang. Hasilnya sudah terbukti. Anda pun harus membuktikan sendiri. Tinggal coba saja. Sederhana sekali. Tapi ingat, ada ilmunya. Anda tinggal belajar sama orang yg bisa. Pertanyaannya, olahraga apa itu? Jawabnya adalah olahraga pernafasan. Saya seminggu sekali, olahraga senam pernafasan ini. Hasilnya, dalam sepuluh tahun terakhir, seingat saya , saya minum obat 3 kali yaitu 2 kali obat puskesmas dan sekali obat Bu bidan. Kalau saya pas sakit, saya lakukan olahraga pernafasan untuk mengobati sakit saya. Bisa dimana saja, selama saya masih ada di planet bumi. Karena cuma butuh udara segar. Dan yg penting adalah anda masih bisa bernafas. Mudah kan? Apa indikatornya? Setelah olahraga pernafasan,darah anda akan menjadi lancar. Proses peredaran darah anda akan jauh lebih lancar dari pada prosesnya Mas Gibran jadi cawapres. Kalau bagi bapak bapak, seiring peredaran darah lancar, maka si Otong juga akan semakin tegak. Itu indikatornya. Kalau indikator belum tercapai maka olah nafasnya kemungkinan masih belum benar cara olah nafasnya. Satu hal lagi yg penting. Apa itu. Yaitu udara itu gratis tis tis. Enak kan? Kita cuma olah saja. Sekian.

Kliwon
@pak Mirza Betul pak Mirza. Sudah belasan purnama kandang tuyul saya porak poranda diterpa bencana. Hama dan gulma bersaing merajalela. Hidup jadi hampa tiada terkira. Hilang tawa hilang bahagia. Tersisa jiwa yang renta dalam raga. Berjalan tertatih mendekap asa.

Jo Neca
Tujuh purnama berlalu.Rindu ini tak jua terobati.Hari ini mbah Kliwon kembali.Entah kemana selama ini.

Handoko Luwanto
Singgasana Perusuh Disway periode: 22-10-2023 s/d 28-10-2023 (160 orang)

Komentar Terbanyak #.Nama__(Komen)(Kata)

#1.Leong Putu__(125)(1904)<9★1⭐️>

#2.Liam Then__(107)(7622)<3★1✒️>

#3.Lagarenze 1301__(103)(3288)<11★3✒️1⭐️>

#4.Juve Zhang__(90)(6429)

#5.MULIYANTO KRISTA__(84)(645)<3⏰1✒️>

#6.Udin Salemo__(80)(2624)<2★>

#7.Er Gham__(67)(2038)<6★1✒️1⭐️>

#8.mzarifin umarzain__(64)(714)<1★>

#9.Agus Suryono__(50)(2236)<9★1⭐️>

#10.imau compo__(46)(2498)<4★>

#11.Jimmy Marta__(40)(1043)<6★1⭐️>

#12.Jo Neca__(40)(741)<4★>

#13.Jokosp Sp__(40)(1688)<6★>

#14.Amat K.__(33)(832)<4★1⏰>

#15.Mirza Mirwan__(32)(3970)<13★>

#16.Gregorius Indiarto__(30)(963)<3★>

#17.Mahmud Al Mustasyar__(28)(982)<3★>

#18.Handoko Luwanto__(27)(2075)<14★2⭐️>

#19.Komentator Spesialis__(27)(1079)<3★>

#20.Pryadi Satriana__(26)(1520)

#21.Yellow Bean__(26)(884)<3★1✒️1⭐️>

#22.Wilwa__(25)(1781)

#23.Xiaomi A1__(25)(909)<4★>

#24.AnalisAsalAsalan__(24)(1301)<1★>

#25.Gianto Kwee__(23)(348)<1⏰>

#26.Hari Purwanto__(22)(707)<4★1⭐️>

#27.Sumartan__(20)(166)<1★>

#28.Kang Sabarikhlas__(19)(769)<3★>

#29.nur cahyono__(18)(45)<1⏰>

#30.Otong Sutisna__(18)(165)

#31.Johannes Kitono__(15)(2507)<2★>

#32.Riyono ,SKP__(14)(321)<2★>

#33.alasroban__(13)(174)

#34.bitrik sulaiman__(13)(43)<1⏰>

#35.thamrindahlan__(13)(1246)<4★>

#36.M.Zainal Arifin__(12)(80)

#37.Mbah Mars__(12)(352)

#38.Fathir Ahsan__(11)(66)

#39.yea aina__(11)(445)<1★>

#40.didik sudjarwo__(10)(214)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 336

  • Dores Sitepu
    Dores Sitepu
  • cahya cahyaa
    cahya cahyaa
  • Farid Ari Ardiansyah
    Farid Ari Ardiansyah
  • Farid Ari Ardiansyah
    Farid Ari Ardiansyah
  • arkanda budi
    arkanda budi
  • arkanda budi
    arkanda budi
  • Arham Ardiansyah
    Arham Ardiansyah
  • Arham Ardiansyah
    Arham Ardiansyah
  • Arinal Haq
    Arinal Haq
  • Arinal Haq
    Arinal Haq
  • Farid Ari Ardiansyah
    Farid Ari Ardiansyah
  • Arinal Haq
    Arinal Haq
  • Fahimsa Haykal
    Fahimsa Haykal
  • Fahimsa Haykal
    Fahimsa Haykal
  • Fauzi Prayoga
    Fauzi Prayoga
  • anas mahmudii
    anas mahmudii
  • anas mahmudii
    anas mahmudii
  • Ditya Afandhi
    Ditya Afandhi
  • Fachrizal Fadilah
    Fachrizal Fadilah
  • Fachrizal Fadilah
    Fachrizal Fadilah
  • Fachrizal Fadilah
    Fachrizal Fadilah
  • pembaca penghapal
    pembaca penghapal
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • imau compo
    imau compo
  • Ulik Kopi
    Ulik Kopi
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
  • JAZIROH NISAK
    JAZIROH NISAK
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • yea aina
      yea aina
    • Ulik Kopi
      Ulik Kopi
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Kartosuwiryo
    Kartosuwiryo
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • Lilik ulfa
    Lilik ulfa
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • Slamet Sejati
    Slamet Sejati
  • yea aina
    yea aina
    • Mahmud Al Mustasyar
      Mahmud Al Mustasyar
    • yea aina
      yea aina
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • Liam Then
    Liam Then
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • laila alfina
    laila alfina
  • __Ghifari__
    __Ghifari__
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • __Ghifari__
    __Ghifari__
    • Echa Yeni
      Echa Yeni
  • __Ghifari__
    __Ghifari__
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Farid Ari Ardiansyah
    Farid Ari Ardiansyah
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Wilwa
      Wilwa
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Liáng - βιολί ζήτα
    Liáng - βιολί ζήτα
  • heru santoso
    heru santoso
  • the vts
    the vts
  • Purnomo
    Purnomo
    • Wilwa
      Wilwa
    • Liam Then
      Liam Then
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • yea aina
      yea aina
  • Fathir Ahsan
    Fathir Ahsan
  • Fahimsa Haykal
    Fahimsa Haykal
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
  • fadlel muhammad
    fadlel muhammad
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Liam Then
      Liam Then
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Jihani uliya
    Jihani uliya
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • Sumartan
      Sumartan
  • Liam Then
    Liam Then
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Liam Then
      Liam Then
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • imau compo
    imau compo
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • imau compo
      imau compo
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Hari Purwanto
    Hari Purwanto
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Riyono ,SKP
    Riyono ,SKP
  • Mukidi Teguh
    Mukidi Teguh
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
    • Liam Then
      Liam Then
  • ahmad faqih
    ahmad faqih
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • Riza Choironi
    Riza Choironi
  • ahmad faqih
    ahmad faqih
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Er Gham
      Er Gham
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
    • didik sudjarwo
      didik sudjarwo
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Liam Then
    Liam Then
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Liam Then
      Liam Then
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
    • imau compo
      imau compo
  • Fitria Syaharani
    Fitria Syaharani
    • Jihani uliya
      Jihani uliya
    • Habib Hafid
      Habib Hafid
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • yea aina
      yea aina
  • Wilwa
    Wilwa
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • bitrik sulaiman
      bitrik sulaiman
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
  • Liam Then
    Liam Then
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Liáng - βιολί ζήτα
    Liáng - βιολί ζήτα
    • Liáng - βιολί ζήτα
      Liáng - βιολί ζήτα
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liáng - βιολί ζήτα
      Liáng - βιολί ζήτα
    • Liam Then
      Liam Then
  • DeniK
    DeniK
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • idamalika indi
    idamalika indi
  • Muin TV
    Muin TV
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
  • Riyono ,SKP
    Riyono ,SKP
    • Sumartan
      Sumartan
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Riyono ,SKP
      Riyono ,SKP
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
    • Agus Munif
      Agus Munif
  • DeniK
    DeniK
    • Riyono ,SKP
      Riyono ,SKP
  • DeniK
    DeniK
    • Riyono ,SKP
      Riyono ,SKP
  • Riyono ,SKP
    Riyono ,SKP
  • Mahmud Al Mustasyar
    Mahmud Al Mustasyar
    • Riyono ,SKP
      Riyono ,SKP
    • Mahmud Al Mustasyar
      Mahmud Al Mustasyar
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • ahmad faqih
      ahmad faqih
  • Hari Purwanto
    Hari Purwanto
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Eciya Assemargandy
    Eciya Assemargandy
  • Lukman Nugroho
    Lukman Nugroho
  • Fiona Handoko
    Fiona Handoko
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Heryantono Heryantono
    Heryantono Heryantono
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Fauzan Samsuri
    Fauzan Samsuri
  • Fiona Handoko
    Fiona Handoko
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
    • Wilwa
      Wilwa
    • ahmad faqih
      ahmad faqih
    • Liáng - βιολί ζήτα
      Liáng - βιολί ζήτα
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Alvito Wildani
    Alvito Wildani
  • Agus Munif
    Agus Munif
    • Riyono ,SKP
      Riyono ,SKP
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • Hadi Priyatno
    Hadi Priyatno
    • Agus Munif
      Agus Munif
    • Agus Munif
      Agus Munif
  • anisa feby
    anisa feby
    • Jihani uliya
      Jihani uliya
  • Hadi Priyatno
    Hadi Priyatno
  • Hadi Priyatno
    Hadi Priyatno
  • Hadi Priyatno
    Hadi Priyatno
  • Muh Nursalim
    Muh Nursalim
  • Alex Ping
    Alex Ping
  • Sumartan
    Sumartan
  • ibul daful
    ibul daful
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • lailatul qodariyah
    lailatul qodariyah
  • Rindra
    Rindra
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • KEY
      KEY
    • KEY
      KEY
    • Wilwa
      Wilwa
  • Er Gham
    Er Gham
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Saifudin Rohmaqèŕqqqààt
    Saifudin Rohmaqèŕqqqààt
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Handoko Luwanto
      Handoko Luwanto
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • AnalisAsalAsalan
      AnalisAsalAsalan
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Er Gham
      Er Gham
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • Rindra
      Rindra
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Hari Purwanto
      Hari Purwanto
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
    • KEY
      KEY
  • Gianto Kwee
    Gianto Kwee
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
  • dabudiarto71
    dabudiarto71
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
  • alasroban
    alasroban
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Lagarenze 1301
      Lagarenze 1301
  • kritikItuSehat
    kritikItuSehat
    • kritikItuSehat
      kritikItuSehat
    • kritikItuSehat
      kritikItuSehat
    • kritikItuSehat
      kritikItuSehat
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • KEY
      KEY
    • KEY
      KEY
  • Er Gham
    Er Gham
  • Er Gham
    Er Gham
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • Er Gham
    Er Gham
    • Er Gham
      Er Gham
    • bitrik sulaiman
      bitrik sulaiman
    • Er Gham
      Er Gham
  • AnalisAsalAsalan
    AnalisAsalAsalan
    • Liam Then
      Liam Then
  • Jo Neca
    Jo Neca
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • nur cahyono
    nur cahyono
  • M.Zainal Arifin
    M.Zainal Arifin
    • M.Zainal Arifin
      M.Zainal Arifin
  • Guslurah
    Guslurah
    • Azza Lutfi
      Azza Lutfi
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • nur cahyono
      nur cahyono
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna