Bantah Tudingan Israel, Kemlu Tegaskan Rumah Sakit Indonesia Untuk Kemanusiaan

Bantah Tudingan Israel, Kemlu Tegaskan Rumah Sakit Indonesia Untuk Kemanusiaan

Bantah Tudingan Israel, Kemlu Tegaskan Rumah Sakit Indonesia Untuk Kemanusiaan-X/@InatRonin-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menyatakan bahwa Rumah Sakit Indonesia di Gaza adalah fasilitas yang dibangun masyarakat Indonesia sepenuhnya untuk tujuan kemanusiaan, serta untuk melayani kebutuhan medis warga Palestina.

“RS Indonesia saat ini sudah dikelola sepenuhnya oleh otoritas Palestina di Gaza, meskipun dari waktu ke waktu selalu ada relawan Indonesia yang membantu,” tegas Juru Bicara Kemlu, Lalu Muhamad Iqbal, melalui pesan singkatnya, Selasa 7 November 2023.

BACA JUGA:Gawat! Rumah Sakit Indonesia Jadi Target Israel Berikutnya, Dituduh Ada Markas Hamas di bawahnya

Pernyataan itu disampaikan Iqbal untuk menanggapi tudingan Israel tentang adanya jaringan terowongan di bawah RS Indonesia, yang digunakan oleh Hamas untuk melancarkan serangannya.

Di lain pihak, Iqbal menegaskan bahwa RS Indonesia adalah salah satu dari segelintir fasilitas kesehatan yang masih berfungsi di Gaza, di tengah jumlah korban serangan Israel yang terus bertambah setiap harinya.

“Rumah sakit itu kini merawat pasien dalam jumlah jauh melampaui kapasitasnya,” ungkapnya.

BACA JUGA:7 dari 10 WNI Akan Dievakuasi dari Gaza, Kemenlu: 3 Memilih Bertugas di Rumah Sakit Indonesia

Seruan perlindungan terhadap RS Indonesia di Gaza juga terkait dengan keberadaan tiga relawan WNI yang hingga kini masih memilih tinggal dan melanjutkan kerja kemanusiaan mereka di wilayah pusat konflik Israel dan kelompok Hamas Palestina itu.

“Tiga relawan WNI di RS Indonesia dalam kondisi baik dan secara sadar memilih untuk tidak ikut dievakuasi oleh pemerintah. Kemlu terus berkomunikasi dengan ketiga WNI tersebut guna memonitor kondisi mereka,” tutur Iqbal.

Korban Serangan Israel

Dalam kesempatan terpisah  Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza menyatakan,  sedikitnya 10.022 orang tewas, termasuk 4.104 anak-anak, dan 2. 509 wanita sampai Senin 6 November 2023.

Selain itu, dilaporkan  sejumlah 32.000 orang lainnya terluka.

BACA JUGA:Rumah Sakit Indonesia di Palestina Diserang Israel, Relawan: 'Ini Pelanggaran Internasional!'

Sementara itu, di wilayah pendudukan Tepi Barat, Palestina, korban tewas mencapai 152 orang,  2.100 orang terluka, serta 1.960 orang ditahan oleh Israel sampai Minggu 5 November 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: