Konvoi Kemanusian ICRC Diserang di Gaza, Dua Truk Rusak dan Seorang Sopir Terluka Ringan

Konvoi Kemanusian ICRC Diserang di Gaza, Dua Truk Rusak dan Seorang Sopir Terluka Ringan

Iring-iringan konvoi kemanusiaan dari ICRC mendapat serangan di Kota Gaza-Screenshoot/YouTube-

Dana Kependudukan PBB mengatakan terdapat 50.000 perempuan hamil dan sekitar 5.500 bayi baru lahir di Gaza, namun sejauh ini mereka hanya diperbolehkan mengirim dua truk berisi perlengkapan bersalin.

“ Jika ada 180 perempuan yang melahirkan setiap hari dalam kondisi seperti ini, makanan, air, obat-obatan, akses operasi caesar dan perawatan bayi baru lahir bergantung pada bahan bakar,” Direktur Eksekutif UNFPA Natalia Kanem mengatakan kepada wartawan.

BACA JUGA:Israel Diduga Tabrak Aturan Perang di Gaza, Begini Penjelasan Humaniter Internasional!

BACA JUGA:Bantuan Indonesia ke Gaza Mendarat di Bandara El Arish Mesir

Ia mengatakan, ibu hamil dan menyusui juga membutuhkan lebih banyak air dibandingkan orang lain, serta harus bersih dan aman.

Israel telah melarang bahan bakar memasuki Gaza, dengan mengatakan bahwa Hamas menimbun bahan bakar untuk keperluan militer dan akan mengalihkan pasokan baru yang masuk. 

Namun para aktivis kemanusiaan menekankan bahwa rumah sakit perlu mengoperasikan mesin penyelamat, termasuk inkubator untuk bayi prematur dan pabrik desalinasi serta toko roti.

“ Persediaan ini menyelamatkan nyawa. Mereka sangat penting,” kata Kanem.

Faktanya, kata  Natalia Kanem adalah kehidupan terus berjalan meski terjadi konflik, dan kami berhutang budi kepada para perempuan ini untuk selalu mendampingi mereka selama masa kehamilan dan persalinan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: