Menlu Retno Ditunjuk Pemimpin OKI Jadi Salah Satu Juru Damai untuk Palestina

Menlu Retno Ditunjuk Pemimpin OKI Jadi Salah Satu Juru Damai untuk Palestina

Menlu Retno Marsudi nyatakan 3 WNI relawan RS Indonesia Mer-C, kukuh tinggal di Gaza untuk bantu warga Palestina pada 12 Oktober 2023 -Sekretriat Presiden-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Organisasi Kerja Sama Negara Islam (OKI) menunjuk Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi untuk menjadi salah satu Menlu yang mengupayakan perdamaian di Palestina.

Presiden Jokowi menyatakan dukungannya untuk Menlu Retno Marsudi. 

BACA JUGA:Hadir di Aksi Bela Palestina, Senator Sylviana Murni Puji Diplomasi Menlu Retno di PBB

"Saya juga ingin memberikan dukungan penuh untuk Menlu Indonesia yang terpilih sebagai salah satu Menlu yang diberikan kepercayaan oleh para pemimpin OKI untuk mengupayakan perdamaian di Palestina," ujar Jokowi dalam siaran daring YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 13 November 2023.

Dalam KTT OKI tersebut Jokowi menyampaikan seolah-olah dunia tidak berdaya menyaksikan penderitaan rakyat Palestina. Oleh karena itu, Jokowi mengajak pimpinan negara OKI untuk memperjuangkan keadilan bagi rakyat Palestina.

BACA JUGA:Ini Untaian Puisi Karya Menlu Retno Marsudi untuk Palestina

"Saat KTT saya menyampaikan secara khusus bahwa dunia seolah tidak berdaya menyaksikan penderitaan rakyat Palestina sehingga saya mengajak negara negara anggota OKI untuk bersatu dan berada di barisan terdepan dalam memperjuangkan keadilan bagi rakyat Palestina," katanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan bahwa gencatan senjata di Gaza harus segera diwujudkan, bantuan kemanusiaan harus dipercepat dan diperbanyak, perundingan damai harus segera dimulai.

BACA JUGA:Menlu Retno Bacakan Puisi Perjuangan Rakyat Palestina: Hatiku Miris, Karena Bocah Itu Menangis..

"Gencatan senjata harus segera diwujudkan bantuan kemanusiaan harus dipercepat dan diperbanyak, perundingan damai harus segera dimulai, fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan tidak boleh menjadi sasaran serangan," ujarnya.

Selain itu, ia juga mendesak agar Israel untuk bertanggung jawab atas dampak kekejaman yang dilakukan.

"Israel harus bertanggung jawab atas kekejaman yang telah dilakukan," kata Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: