2 Pesawat Super Tucano TNI AU Bertabrakan Jatuh di Bromo, Petani Kentang Evakuasi Pilot

2 Pesawat Super Tucano TNI AU Bertabrakan Jatuh di Bromo, Petani Kentang Evakuasi Pilot

para petani kentang mencoba evakuasi pilot dari pesawat tempur TNI AU yang jatuh-Instagram-

BACA JUGA:Basarnas Benarkan Pesawat Tempur Tukano TNI AU Jatuh

Hal senada, juga diungkapkan oleh pihak BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). "Iya," ujar Kapusdatin BNPB, Abdul Muhari, Kamis 16 November 2023. 

Dari informasi yang beredar, pesawat TNI AU itu berjenis Hawk, Super Tunaco yang dibeli dari Brazil pada tahun 2012 lalu. 

Indonesia memiliki 16 jenis Super Tucano.

Spesifikasi dan Kemampuan Pesawat Tempur Super Tucano

Pesawat yang jatuh diduga adalah tipe pesawat Tempur Super Tucano. Menurut situs TNI AU, Pesawat Tempur Super Tucano atau EMB-314 Super Tucano sejatinya merupakan pesawat latih lanjut yang berkemampuan COIN (Counter Insurgency) atau pesawat anti perang gerilya.

Dari desainnya, pesawat ini sangat pas untuk mendukung misi-misi pengintaian, close air support, dan penumpasan pemberontak.

Indonesia memiliki 16 pesawat EMB-314 Super Tucano yang dibeli Pemerintah Indonesia dari Brasil pada 2012 lalu yang di tempatkan di Skadron 21 Abd Malang.

Armada baru ini bertugas menggantikan pesawat OV-10F Bronco yang kini telah di grounded karena usianya yang tua.

EMB-314 Super Tucano terdiri dari dua versi, tipe A-29ALX (kursi tunggal) dan AT-29B (kursi ganda). Khusus versi kursi ganda juga dapat digunakan sebagai elemen pesawat latih lanjut, dan versi inilah yang dimiliki oleh TNI AU.

Mengutip Indomiliter.com, EMB-314 Super Tucano merupakan hasil pengembangan pesawat latih EMB-312 Tucano yang dirilis pertama kali oleh Embraer pada tahun 1983.

EMB-314 Super Tucano sendiri baru diluncurkan pada tahun 1992.

Mengemban tugas yang multi role, dengan penekanan pada serangan ke permukaan, menuntut pesawat bermesin Pratt & Whitney Canada PT6A-68C Turbo Propeller ini punya kemampuan manuver yang lincah.

Dari parameter gravitasi, EMB-314 Super Tucano sanggup menahan gaya gravitasi maksimum hingga +7g dan -3.5g.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: